Intip Tips Sukses Berbisnis di Bulan Puasa dan Raup Cuan 

tabloidbintang.com | 19 April 2022 | 20:56 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tak terasa kita menjalani ibadah di bulan puasa tahun ini. Ada banyak aktivitas yang bisa kita lakukan sembari memenuhi kewajiban berpuasa, salah satunya berbisnis. Misalnya jika kamu berniat berjualan di bulan puasa, kamu harus mengetahui beberapa tips bisnis di bulan puasa. Salah satunya adalah dengan menggunakan software akuntansi.

Sebelumnya, kamu juga harus menentukan usaha kreatif di bulan Ramadan mulai dari sekarang agar bisnis yang kamu jalankan laris manis. Mengingat, persaingan bisnis pasti cukup tinggi, terutama di bidang kuliner, seperti gorengan, takjil, hingga makanan untuk berbuka.

Berikut ini beberapa tips bisnis di bulan puasa yang bisa kamu ikuti agar bisa sukses dan meraih kesuksesan.

Jeli dalam melihat peluang
Ada banyak ide usaha kreatif yang bisa kamu pilih untuk menentukan produk apa yang akan kita tawarkan kepada konsumen nanti.

Misalnya saja dagangan yang laku di bulan puasa di bidang kuliner seperti bisnis katering makanan, takjil buka puasa, katering makanan, minuman dingin (es kelapa dan es buah), kurma, ketupat, hingga kue kering.

Sedangkan di bidang fashion, kita bisa mencoba peruntungan menjual busana muslim seperti baju gamis, baju koko, baju muslim untuk anak, atau hijab. Sekalipun menggiurkan, kita tetap perlu mempertimbangkan banyak hal untuk menentukan bisnis seperti apa yang akan kita jalankan dan berpotensi menghasilkan keuntungan yang lebih maksimal.

Buat perencanaan marketing secara offline maupun online
Ada banyak media yang bisa kita gunakan untuk memasarkan namun karena minimnya pengetahuan marketing sehingga kegiatan marketing tersebut tidak berdampak secara signifikan.

Untuk sistem marketing secara offline, kita bisa memasang banner atau spanduk di sekitar tempat berjualan. Buat spanduk atau banner semenarik mungkin dengan informasi seputar produk atau jasa yang ditawarkan.

Selanjutnya, kita bisa mengandalkan keluarga, sahabat atau kerabat terdekat untuk menyebarluaskan bisnis kita ini. Dimulai dengan menyebarluaskan bisnis melalui pesan pesan broadcasting di media sosial WhatsApp.

Sementara itu, untuk sistem marketing secara online kita bisa mengandalkan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, atau TikTok. Strategi terjitu untuk melakukan marketing secara online adalah dengan membuat konten semenarik mungkin.

Permudah pembukuan dengan software akuntansi
Perlu diketahui bahwa dengan menggunakan software akuntansi khusus, kita jadi lebih mudah mengukur, memantau, dan mengevaluasi finansial bisnis kita. Apalagi di era yang serba canggih ini, software akuntansi bukan hanya untuk menyimpan uang atau mengirim uang saja.

Lebih dari itu, sistem invoice pembayaran kita juga jadi lebih terukur dan tercatat dengan benar tanpa ada satupun invoice yang terselip. Selain itu, software akuntansi juga biasanya memiliki fitur atur waktu transfer. Kita juga bisa melakukan scan invoice pembayaran dan melakukan transfer langsung ke vendor atau rekan bisnis.

Itulah tips bisnis di bulan puasa yang bisa diterapkan. Semoga bisnis yang kamu rintis di bulan puasa meraup cuan yang banyak, ya.

Penulis : tabloidbintang.com
Editor: tabloidbintang.com
Berita Terkait