Perempuan Level Up Bagikan Penghargaan kepada 10 Kartini Masa Kini

Ari Kurniawan | 22 April 2022 | 19:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Shandy Puramasari, salah satu pebisnis dan filantropis wanita, membentuk sebuah komunitas Perempuan Level Up. Komunitas ini didirikan tepat pada Hari International Women’s Day 8 Maret 2022 silam, untuk memfasilitasi para perempuan belajar secara gratis.

Bertepatan dengan Hari Kartini, 21 April 2022, Perempuan Level Up memberikan penghargaan kepada 10 Kartini masa kini. Penghargaan diberikan kepada wanita-wanita dari ragam profesi seperti bidan, perias, pekerja penanganan sarana dan prasaran umum (ppsu), penulis programTV, asisten rumah tangga, buruh cuci, penjual sayur, penjahit, guru mengaji serta pengemudi ojek online wanita.

“Kami ingin meberikan apresiasi pada mereka yang berharga dan berjasa sekecil apapun kontribusi mereka, tetaplah mereka bernilai tidak untuk diri sendiri, tetapi juga orang lain,” kata Shandy Purnamasari.

Pemberian penghargaan ini diadakan di J99 Tower di bilangan Jakarta Selatan dan juga disiarkan secara LIVE melalui Instagram @shandypurnamasari & @perempuanlevelup.  

Berikut adalah daftar 10 Kartini versi Perempuan Level Up:

1. Rousantya ( 29 tahun) Bidan

Seorang Bidan yang bekerja di rumah sakit swasta ini telah membantu menangani lebih dari 500 kelahiran. Rousantya juga pernah membantu kelahiran ibu-ibu tuna wisma secara cuma-cuma dan mmembantunya sampai proses pemulihannya sempurna.

2.Yelis Safitri (30 tahun) Penulis Program TV 

Yelis adalah seorang perempuan muda yang bekerja sebagai penulis. Baginya profesi penulis sering sekali diabaikan padahal, penulis adalah batang tubuh sebuah karya. 

3.Dwina Aggita Lubis ( 33 tahun)Make up Artist 

Perempuan yang disapa Gita ini sudah menekuni dunia  tatarias selama 8 tahun. Di era pandemi, pekerjaannya nyaris tidak menghasilkan namun dirinya tetap semangat dan menekuni profesinya serta mencari peluang baru dengan membuka kelas-kelas make up 

4.Tirkem (45 Tahun) Buruh cuci 

Ibu tirkem mulanya adalah pengusaha warteg yang kemudian terlibas pandemi. Akhirnya dirinya menyambung kehidupan dengan menjadi buruh cuci di komplek perumahannya untuk menghidupi keluarganya

5.Halimah (60 Tahun) Penjahit

Sudah menjadi penjahit sejak tahun 1978, Halimah merasa bersyukur dengan talenta yang dimiliki karena dirinya dapat membiayai keluarganya bahkan sejak suaminya sudah tidak lagi memiliki penghasilan selama puluhan tahun. Halimah berperan sebagai ibu dan pencari nafkah.

6.Eka (31tahun) Pengemudi Ojek Online

Eka adalah mantan pekerja instansi pemerintah yang dirumahkan. Dirinya menjajal sebagai pengemudi ojek online karena ratusan surat lamarannya tidak ada yang menerimanya. Eka merasa lebih baik tetap bekerja meski resikonya sangat tinggi.

7.Sari ( 46 tahun) Asisten rumah tangga

Sari adalah asisten rumah tangga yang menghidupi keluarganya. Dirinya merasa bahagia menjalani perannya meski ada beberapa cibiran yang diterimanya, Sari tetap semangat karena dirinya memiliki pekerjaan yang halal

8.Anita ( 50tahun) Pekerja penanganan sarana dan prasarana umum

Sebagai orang tua tunggal. Afifah merasa sangat bersyukur tetap mendapatkan pekerjaan sebagai petugas PPSU. Meski lelah dan letih, Anita menjalaninya dengan sepenuh hati 

9.Afifah (50tahun) Penjual Sayur 

Afifah sudah menjadi penjual sayur sejak 30 tahun lalu. Dirinya merasa sering diremehkan tetapi bagaimanapun juga, pekerjaan ini adalah satu-satunya sumber pendapatan keluarga.

10. Sri Widyastuti (53tahun) Guru Mengaji 

Seorang Guru mengaji yang juga kini berperan sebagai pencari nafkah keluarganya. Selain itu, Tuti juga sering memberikan kelas mengajar gratis untuk anak-anak di sekitar rumahnya. 

Shandy purnamasari percaya bahwa sebagai perempuan kita adalah sosok yang kuat, tangguh dan tekun dalam menjalankan amanta dan peran. Bahkan peran wanita bisa berlapis dalam satu sosok. Baginya, sosok RA Kartini adalah contoh ketangguhan dan perempuan yang mana perjuangannya rupanya sangat bermanfaat tak lekang oleh waktu. 

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait