Cara Sederhana Orang Tua untuk Mendukung Tumbuh Kembang Anak 0-5 Tahun

tabloidbintang.com Rabu, 27 April 2022 06:00:03
Pola asuh yang tepat diperlukan untuk membantu tumbuh kembang anak. (Ist).

TABLOIDBINTANG.COM - dir="ltr">Ada banyak cara untuk membantu para orang tua dan pengasuh untuk mendapatkan ilmu mengasuh anak. Salah satunya melalui aplikasi Thrive By Five atau Cilukbalita. Aplikasi yang baru diluncurkan di Indonesia ini persembahan Yayasan Minderoo bersama Universitas Sidney.

Ini aplikasi yang dikhususkan bagi orang tua dan pengasuh untuk membantu anak-anak usia 0-5 tahun berkembang pada masa kini dan menuju masa depan.

"Anak-anak membutuhkan pengasuhan yang menyenangkan sejak awal usia mereka untuk mendukung perkembangan otak dan potensi masa depan mereka," ujar Co-Founder dan Co-Chair Minderoo Foundation Nicola Forrest dalam keterangannya.

Dikemas dalam bahasa lokal dan dengan mengkombinasikan ilmu pengetahuan terkini dengan praktik-ptaktik pengasuhan lokal, aplikasi ini dapat diakses gratis secara daring dan luring untuk pembelajaran visual dan auditori.

“Program ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada orang tua dan pengasuh tentang hal yang mereka butuhkan selama lima tahun pertama anak, untuk membantu anak-anak mencapai potensi masa depan mereka sepenuhnya," jelas Forrest.

"Ilmu pengetahuan menunjukkan bahwa momen-momen kecil dari koneksi dan interaksi, frekuensi pengulangan dan dapat membuat perbedaan yang signifikan,” tambahnya.

Dengan aplikasi ini lebih lanjut Forrest berkata orang tua dan pengasuh bersama anak dapat membuat rencana kegiatan berdasarkan topik-topik lokal yang menarik seperti mengelola emosi, menjaga keamanan, dan membangun rutinitas dan lainnya.

Semua orang tua dan pengasuh yang menginginkan yang terbaik untuk anak sejak dini dapat menggunakan aplikasi sederhana namun sangat berguna ini. "Momen-momen kecil yang bisa membuat perbedaan yang besar," tandas Forrest.

Aplikasi Thrive by Five membantu orang tua dalam mengasuh anak.
Aplikasi Thrive by Five membantu orang tua dalam mengasuh anak.

Peluncuran Thrive by Five atau Cilukbalita di Indonesia hanyalah langkah pertama. Selain Indonesia, program ini akan diikuti oleh 30 negara di seluruh dunia, yang mencakup lima benua pada tahun 2024. Konten dan aplikasi Thrive by Five telah dikembangkan oleh Minderoo Foundation, bekerja sama dengan Brain and Mind Center, University of Sydney dan BBE.

"Setiap anak, di mana pun mereka tinggal, memiliki hak untuk memulai hidup sebaik mungkin. Program Thrive by Five akan menginformasikan dan memberdayakan orang tua dan pengasuh untuk membantu anak-anak mencapai potensi terbesar mereka, dari negara-negara yang dilanda perang seperti Afghanistan hingga komunitas paling terpencil di Kenya,” tutur Forrest. 

“Fokus khusus kami adalah pada komunitas di mana kesadaran akan pentingnya perkembangan anak usia dini, atau di mana akses ke informasi ini terbatas, dan memberikan mereka informasi yang mudah diakses yang dan sudah disesuaikan dengan mereka," sambungnya. 


Penulis tabloidbintang.com
Editor Indra Kurniawan
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore