Stres Bisa Berpengaruh Buruk pada Kehidupan Seks dalam Rumah Tangga

Redaksi | 5 Mei 2022 | 12:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Seperti diketahui stres membawa dampak negatif bagi tubuh. Selain memengaruhi sistem kekebalan tubuh, stres juga bisa memengaruhi kehidupan seksual Anda.

Ketika stres, tubuh berusaha untuk menyesuaikan diri dengan meningkatkan fungsi tubuh yang vital seperti aliran darah dan meningkatkan detak jantung. Sebaliknya, meredam fungsi tubuh yang kurang penting seperti fungsi seksual.

Stres memengaruhi fungsi seksual dengan berbagai cara. Salah satunya lewat hormon. Stres kronis menyebabkan tubuh memproduksi hormon kortisol, yang bisa mengurangi libido (gairah seksual) dan membuat Anda kurang menikmati hubungan intim. Hormon tersebut juga berdampak pada siklus haid.

Secara tidak langsung, hormon kortisol bisa memengaruhi metabolisme tubuh, yang berakibat berat badan tidak stabil. Ketika tidak percaya diri dengan bentuk tubuh yang dimiliki maka Anda cenderung menghindar dari kegiatan seksual.

Lebih parahnya lagi, stres bisa memicu depresi dan kecemasan sehingga Anda tidak tertarik dengan kegiatan seksual sama sekali seperti dilansir laman The Huffington Post.

Untuk mengatasinya, lakukan olahraga atau yoga, dipijat, atau bahkan sekadar mandi. Yang terpenting, luangkan waktu untuk merawat diri Anda sembari mencari dan menghindari penyebab stres.

Solusi lain, menghabiskan waktu berdua dengan pasangan. Karena kedekatan, saling ketergantungan dan rasa nyaman di sisi pasangan merupakan penangkal ampuh bagi stres.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait