5 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Gaya Hidup Sehat, dari Serat Hingga Probiotik

tabloidbintang.com Jumat, 13 Mei 2022 00:30:17
Ilustrasi

TABLOIDBINTANG.COM - Pola makan dan gaya hidup berdampak besar pada kesehatan sistem pencernaan. Senior Director, Worldwide Nutrition Education and Training Herbalife Nutrition, Susan Bowerman mengingatkan bahwa menerapkan pola makan bergizi seimbang menyehatkan sel-sel tubuh, termasuk di saluran pencernaan. Mengasup makanan berserat dan cairan serta rajin olahraga adalah kunci. “Selain itu, sistem pencernan perlu mendapat sumber probiotik. Inilah bakteri baik yang ditemukan dalam makanan tertentu untuk menjaga keseimbangan hidup mikroorganisme secara tepat di saluran pencernaan kita,” katanya.

Lewat siaran pers yang kami terima pekan ini, Susan Bowerman menjabarkan fungsi masing-masing elemen. Pertama, serat dalam buah, sayur, kacang, biji-bijian seperti gandum atau beras merah mengurangi rasa lapar. Serat dalam sayur dan biji-bijian memindahkan makanan melalui usus, sehingga efektif mencegah sembelit. Kedua, cairan membantu pencernaan mengangkut nutrisi ke sel-sel tubuh. Tubuh butuh minimal 8 gelas cairan sehari di luar minuman berkalori lainnya seperti teh atau kopi.

Ketiga, probiotik membantu tubuh mengekstrak nutrisi makanan dan melindungi kesehatan saluran cerna. Probiotik dalam makanan meningkatkan keseimbangan berbagai bakteri saluran pencernaan. Probiotik paling umum yang berada di usus adalah Lactobacillus acidophilus, yang ditemukan dalam yogurt. Keempat, olahraga mendukung kesehatan pencernaan dan efektif meredam stres. Kelima, menyatukan empat elemen di atas.

“Jika merasa tidak dapat memenuhi kebutuhan serat atau probiotik, tambahkan suplemen untuk menjaga pola makan Anda,” ujar Susan Bowerman. “Terakhir, selalu luangkan waktu untuk menikmati makanan Anda. Makan dengan perlahan dan penuh perhatian tidak akan membebani sistem pencernaan. Dengan demikian, tidak mengganggu pencernaan yang sering disebabkan makan terlalu banyak dan terlalu cepat,” tutupnya.


Penulis tabloidbintang.com
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore