Mengenal Manfaat Habatusauda, dari Menopang Imunitas Hingga Obati Gangguan Pernapasan

tabloidbintang.com Jumat, 13 Mei 2022 03:30:14
Ilustrasi

TABLOIDBINTANG.COM - Habatusauda salah satu tanaman yang dibudidayakan paling awal dalam sejarah dan telah digunakan selama lebih dari 2.000 tahun khususnya oleh suku Indian dan Arab untuk berbagai penyakit dari diabetes hingga Alzheimer. Biji habatusauda diyakini bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan pada sistem imun dan pernapasan, saluran cerna, ginjal, hati, serta jantung. Di tengah pandemi Covid-19, habatusauda dimanfaatkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena mengandung polisakarida. Polisakarida adalah sumber serat makanan yang baik bagi tubuh serta berfungsi menjaga imunitas.

Selain itu ada Thymoquinone, yang terbukti memiliki potensi antioksidan tinggi. Fungsinya, mengobati berbagai ganguan pernapasan dan bersifat anti-inflamasi. Ia menjaga sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh. Habatusauda kaya asam lemak esensial, seperti asam linoleat, yang tidak dapat diproduksi tubuh dan perlu didapat dari luar. Asam lemak ini meningkatkan sistem imun. Dengan beragam manfaat yang dimiliki, habatusauda dianjurkan dikonsumsi untuk membantu menjaga daya tahan tubuh sehari-hari.

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia, Dr. (Cand.) dr. Inggrid Tania, M.Si (Herbal) menjelaskan, salah satu upaya meningkatkan sistem imun yakni mengonsumsi herbal seperti habatusauda, meniran dan jahe. “Kombinasi ini bisa ditemukan dalam suplemen untuk dikonsumsi tiga kali sehari dengan aman. Saat mengasup habatusauda berbentuk suplemen, pastikan suplemen ini telah melewati cara pembuatan obat tradisional yang baik (CPOTB),” ujarnya lewat siaran pers yang kami terima pekan ini.

CPOTB adalah petunjuk menyangkut aspek produksi dan pengendalian mutu obat tradisional yang meliputi seluruh rangkaian pembuatan. Tujuannya, agar produk obat tradisional yang dihasilkan memenuhi persyaratan yang ditetapkan dan sesuai dengan tujuan penggunaan. Selain dikonsumsi sebagai suplemen, habatusauda bisa dikonsumsi dengan cara lain. Misalnya, diminum dengan madu atau ditambahkan dalam salad. Oat dan yoghurt pun bisa disantap dengan menambahkan habbatusauda. Lezat dan sehat.


Penulis tabloidbintang.com
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore