Survei Sebut Indonesia Peringkat ke-7 Paling Rendah di Kategori Matematika

tabloidbintang.com Senin, 16 Mei 2022 07:00:26
Ilustrasi

TABLOIDBINTANG.COM - Matematika kerap jadi “momok” bagi anak sekolah di Indonesia. Hasil survei Programme for International Student Assessment tahun 2018 yang mengukur kompetensi dan kualitas pendidikan menempatkan Indonesia di peringkat ke-7 paling rendah (atau 72 dari 79 negara) di kategori matematika dengan skor 379. Ini jauh di bawah rata-rata negara lain, yaitu 490. Padahal, keterampilan matematika bermanfaat untuk proses tumbuh kembang anak dan salah satu pelajaran yang melatih kekuatan otak. Ketika anak mengerjakan soal-soal matematika, proses pengerjaan ini melatih memori dan kemampuan komputasi otak.

Orangtua dan tenaga pendidik bisa menempuh beberapa cara untuk mengemas matematika menjadi lebih menarik bagi anak-anak. Misalnya, dengan membuat matematika kontekstual, interaktif, dilengkapi visualisasi, dan bisa dimainkan. Karenanya, platform edukasi teknologi Zenius menghadirkan ZeniusLand yang dirancang untuk mengembangkan kemampuan fundamental dan cara berpikir kritis siswa SD di Indonesia.

Metode pembelajaran dibangun dengan permainan edukatif yang meningkatkan kecerdasan kognitif maupun emosional anak. “Kami menggabungkan unsur kontekstual, interaksi, visualisasi, dan gamifikasi ke aplikasi ZeniusLand, agar menjadi arena belajar serta bermain yang menyenangkan bagi anak. Bekerja sama dengan Disney, penyampaian soal matematika disajikan dalam narasi cerita melalui video pembelajaran yang menarik,” kata Co-founder and Head of Academic Zenius, Wisnu Subekti, lewat siaran pers yang kami terima pekan ini.

Orangtua bisa memanfaatkan fitus-fitur di ZeniusLand untuk meningkatkan pengembangan pendidikan anak. Misalnya, melihat contoh materi pembelajaran di ZeniusLand, beli paket belajar, melihat laporan performa dan kemajuan levelnya, serta mendapat rekomendasi pembelajaran yang optimal untuk anak. ZeniusLand menghadirkan lebih dari 350 video pembelajaran Matematika dan lebih dari 1.000 latihan soal interaktif untuk siswa kelas 4-6 SD. Platform ini tersedia di Android dan iOS, dapat diakses dengan basis langganan.


Penulis tabloidbintang.com
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore