Gairah Seksual Berkurang Seiring Bertambahnya Usia, Ini Kata Ahli

Redaksi | 23 Mei 2022 | 11:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Banyak pasangan yang mengeluhkan gairah seksual yang menurun seiring bertambahnya usia. Pada pria, hal ini disebabkan oleh menurunnya kadar testosteron, hormon yang memengaruhi hasrat seksual pria. 

Mereka yang rentan adalah pria yang berusia di atas 40 tahun. Alasannya semakin bertambahnya usia, testis (buah zakar) gagal memproduksi testosteron dan sperma atau yang disebut dengan hipogonadisme. 

Tidak hanya faktor usia, berat badan berlebih dan gaya hidup yang buruk juga bisa memengaruhi turunnya kadar testosteron, ungkap dokter spesialis Andrologi, Nugroho Setiawan. 

"Obesitas sentral (pada bagian perut) dan gaya hidup yang buruk seperti kurang tidur atau mengonsumsi makanan tidak sehat juga berpotensi menyebabkan hipogonadisme pada pria di usia muda," jelasnya dalam diskusi media bersama Bayer di Jakarta. 

Selain memengaruhi kualitas seksual, testosteron juga mengurangi risiko osteoporosis dan menjaga konsentrasi dan energi tubuh. 

"Kalsium akan terserap dengan baik jika kadar testosteron normal dan hanya bisa diserap sedikit jika kadar testosteron tubuh berkurang," imbuh dokter yang aktif sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Andrologi Indonesia ini. 

Sebaliknya, kurangnya testosteron akan meningkatkan risiko depresi, alzheimer, dan penyakit metabolik seperti hipertensi dan diabetes. 

 

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait