7 Wisata Alam di Malang Terbaik untuk Menenangkan Diri

Redaksi Senin, 23 Mei 2022 12:00:25
Pantai Tiga Warna. (Instagram)

TABLOIDBINTANG.COM - Malang memang dikenal sebagai salah satu primadona dalam hal wisata alam, terutama di Jawa Timur. Hawanya yang sejuk dan asri, membuatnya memiliki banyak wisata alam menarik dan cocok untuk menenangkan diri.

Jika Anda tertarik berwisata ke Malang untuk menenangkan diri, 7 wisata alam berikut ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dikunjungi. Anda bisa membeli tiket perjalanannya di Traveloka agar lebih mudah dalam menjelajahi berbagai destinasi di bawah ini. Cicilan tiket pesawat pun kini tersedia sehingga semakin memudahkan dalam bertransaksi di kemudian hari.
 
Wisata Alam di Malang Terbaik untuk Menenangkan Diri

1. Pantai Balekambang

Wisata alam pertama yang bisa jadi pilihan untuk menenangkan diri di Malang adalah Pantai Balekambang. Pantai ini terletak di Desa Srigoncoro, Bantur. Keunikan dari pantai ini adalah pesona pasir putih yang terhampar di pesisir pantai Balekambang. Air yang jernih, ikan-ikan kecil yang berenang di permukaan air, serta terumbu karang yang dapat disaksikan ketika air surut menjadi pengalaman yang tak akan terlupakan.

Waktu terbaik untuk datang ke pantai ini ialah sore hari ketika matahari mulai terbenam. Keindahan sunset ditambah dengan pemandangan khas Balekambang akan mampu merilekskan dan menenangkan pikiran.

Jangan sampai tidak menyempatkan diri untuk camping atau menginap di pantai ini. Sebab, selain sunset yang menawan, terdapat juga pemandangan matahari terbit dari ufuk timur yang menggugah.

Perlu Anda ketahui, pantai ini juga kerap disebut sebagai Tanah Lot-nya Jawa, karena di tengah pantai ini terdapat sebuah Pura bernama Amerta Jati. Di mana untuk melihatnya dari dekat, perlu melalui jembatan yang menghubungkan antara pulau ismoro dengan Pantai utama Balekambang. Menarik, bukan?

2. Pantai Tiga Warna

Sesuai namanya, pantai yang berada di tengah kawasan cagar alam ini memang memiliki air laut dengan gradasi tiga warna, yakni biru, hijau, dan putih. Ada yang menyebut bahwa perbedaan warna ini diakibatkan oleh perbedaan kedalaman air laut. Di sisi lain, ada pula yang menyebut bahwa ketiga warna ini berasal dari pembiasan cahaya matahari dan vegetasi plankton yang ada di pantai ini.

Apapun itu, yang jelas penampakan air laut ditambah hutan bakau di sekitar pantai Tiga Warna mampu menciptakan pemandangan yang unik dan menawan. Tentunya pemandangan ini dapat menyejukkan mata dan menenangkan pikiran.

Ada banyak hal seru yang bisa dilakukan di pantai Tiga Warna, di antaranya Snorkeling dan renang, Tracking, Camping, Berfoto, hingga pergi ke Pantai Clungup atau Pantai Gatra. Sama seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jangan sampai Anda terlewat untuk camping di pantai ini. Mengingat, upaya Anda untuk datang ke tempat ini terbilang besar.

3. Coban Rais

Anda mencari air terjun saat berada di Malang? Hanya berjarak 16 km dari pusat kota, Anda sudah bisa menemukan air terjun Coban Rais. Keunikan dari air terjun ini adalah dikelilingi oleh perbukitan hijau sehingga menciptakan pemandangan yang menyejukkan mata.

Tak hanya itu, kini di Coban Rais juga tersedia berbagai tempat yang tidak boleh Anda lewatkan untuk mengambil gambar sambil menikmati pemandangan alam dan gemercik air terjun. Spot menarik tersebut antara lain gardu pandang berbentuk hati, sepeda kayuh di udara, dan hammock warna-warni.

4. Mata Air Sumber Sirah

Wisata alam di Malang selanjutnya yang tepat untuk menenangkan pikiran adalah Mata Air Sumber Sirah. Mata air yang berada di Desa Sumber Jaya, Gondanglegi ini merupakan sumber air tawar alami yang berasal dari pegunungan.

Saat tiba di Mata Air Sumber Sirah, Anda akan langsung disambut oleh telaga alam yang memiliki air yang jernih. Saking jernihnya, ikan-ikan yang berenang bisa Anda lihat dengan jelas.

5. Omah Kayu

Sesuai namanya, tempat wisata ini adalah rumah kayu yang ada di atas pohon. Dari ketinggian 1340 mdpl, Anda dapat menyaksikan indahnya Kota Batu dengan sangat jelas.

Saat malam hari, Omah Kayu menyajikan keindahan lainnya. Yaitu menikmati cantiknya pencahayaan dari kota. Selain cocok untuk menenangkan diri, wisata alam ini sebetulnya juga merupakan wisata alam yang romantis sehingga cocok juga sebagai tempat honeymoon bersama pasangan.

6. Coban Putri

Coban Putri sangat cocok untuk Anda yang mengingkan ketenangan. Hal ini karena wisata alam ini belum terlalu ramai. Jalur menuju air terjun Coban Putri pun masih tergolong ringan dan tidak terlalu panjang. Dengan demikian, Anda tidak harus bersusah payah berjalan kaki terlalu jauh untuk dapat menikmati keindahan alam di tempat ini.

Beberapa kegiatan seru yang dapat dilakukan di Coban Putri antara lain, berfoto, bersantai menikmati gemericik air, bermain air, outbound bersama-sama, camping, hingga berpetualang dengan jeep.

7. Gunung Panderman

Ingin healing di alam luas sekaligus menaikkan adrenalin? Gunung Panderman jadi jawabannya! Kalau Anda tidak punya pengalaman mendaki gunung, tidak perlu khawatir. Karena Gunung Panderman sangat bersahabat bagi para pendaki pemula.
 
Nah, itulah 7 wisata alam di Malang yang dapat Anda kunjungi untuk menenangkan diri. Anda juga dapat membeli tiket perjalanan di Traveloka agar lebih mudah dalam menjelajahi berbagai wisata alam di atas.
 


Penulis Redaksi
Editor Ari Kurniawan
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore