5 Cara Terhindar dari Penyakit yang Disebabkan oleh Bulu Anabul

tabloidbintang.com Selasa, 24 Mei 2022 05:30:02
Bahaya bulu anabul harus diwaspadai. (Istimewa)

TABLOIDBINTANG.COM - Tingkah menggemaskan kucing dan anjing membuat banyak yang ingin sekali memelihara dan merawatnya. Namun, memelihara anabul bukan tanpa risiko. Bulu-bulu anabul salah satunya bisa mempengaruhi kesehatan apabila kita tidak waspada terhadap kebersihan anabul.

Beberapa kelompok orang, seperti ibu hamil dan pengidap penyakit autoimun juga dilaporkan memiliki risiko lebih tinggi terkena dampaknya. Beberapa penyakit yang bisa disebabkan oleh bulu anabul  di antaranya reaksi alergi, cakar kucing, jamur kulit atau ringworm, dan toksoplasma.

Berikut cara agar tidak terkena penyakit yang disebabkan oleh bulu anabul : 

Beri makanan yang sehat dan bergizi

Beri makanan yang kaya akan nutrisi untuk anabul karena ini akan berpengaruh kepada kesehatan, perkembangan, dan bulu anabul. Makanan dalam bentuk kering dan basah tergantung kebutuhan anabul yang terpenting gizi yang terkandung seimbang lengkap baik itu vitamin, lemak, protein, dsb.

Mandikan anabul secara rutin

Memandikan anabul sangat penting yaitu agar terhindar dari kutu dan penyakit kulit lainnya. Tentunya ini akan berpengaruh dengan kesehatan anabul, apabila anabul tidak diperhatikan kebersihan nya maka penyakit kulit seperti jamur, kudis, kutu akan menyerang anabul. 

Pastikan mempunyai tempat pup khusus

Parasit penyebab penyakit seperti toxoplasma gondii ditemukan pada kotoran kucing yang terinfeksi. Kotoran ini bisa menyebabkan keguguran pada wanita hamil serta penyakit serius pada individu dan anak-anak dengan gangguan sistem kekebalan.

Sediakan tempat khusus untuk kotoran kucing, dan harus menghindari kontak langsung dengan feses. Apabila ingin membersihkan tempat pup disarankan menggunakan sarung tangan dan kemudian cuci tangan hingga bersih. Perlu juga untuk rutin membersihkan tempat kotorannya 1-2 kali sehari serta gunakanlah pasir khusus kotoran kucing 

Berikan vaksin kepada anabul 

Vaksinasi salah satu tindakan pencegahan agar hewan kesayangan tidak sakit. Tujuannya untuk memberikan kekebalan pada tubuh dan melindunginya terhadap beberapa penyakit tertentu, karena ada yang bisa berakibat fatal atau mematikan.

Gunakan air purifier khusus hewan

Di zaman yang serba modern ini, ada air purifier yang khusus dibuat untuk pet, yaitu Levoit Core P350 Pet Care. Ini adalah air purifier atau alat pembersih udara dengan performa tinggi. Alat pembersih udara ini bisa mengurangi virus, bakteri, debu, bulu halus, dan bau tidak sedap dari udara di sekeliling Anda. Sangat cocok untuk pemelihara anabul. Air purifier ini juga bagus untuk kesehatan anabul karena anabul mendapatkan sirkulasi udara yang sehat dan terhindar dari bakteri dan virus.


Penulis tabloidbintang.com
Editor Indra Kurniawan
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore