Waspada Diabetes Tipe 2, Kenali Gejala dan Penyebabnya

Indra Kurniawan Kamis, 26 Mei 2022 21:00:36
Ilustrasi (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Sering kali ketika dokter mendiagnosis Anda diabetes tipe 2, ini bisa jadi situasi yang sulit. Membiasakan memiliki penyakit tersebut tentu membutuhkan waktu dan tenaga. Tidak akan mudah.

Namun, itu dapat dikelola dan mungkin dibalik. Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui jika Anda mengidap diabetes tipe 2, di mana pun Anda berada. Ini adalah jenis diabetes yang paling umum.

Diabetes tipe 2 terjadi ketika tubuh Anda tidak menggunakan insulin dengan benar. Sehingga menyebabkan kelebihan gula dalam darah Anda. Kadar gula darah tinggi, dapat menyebabkan masalah kesehatan serius. Seperti penyakit jantung, strok, atau kematian.

Namun, melansir Pinkvilla, diabetes tipe 2 tidak harus mengancam jiwa. Anda dapat mengakses sumber daya yang Anda butuhkan untuk menjalani kehidupan yang bahagia dan sehat jika Anda mendapatkan pengetahuan tentang penyakit ini.

Seperti memahami bagaimana resistensi insulin mulai berkembang dan bagaimana membantu meringankannya, mengetahui cara memperhatikan tanda-tanda diabetes, dan belajar apa yang harus dimakan.

Gejala diabetes tipe 2 muncul secara bertahap dari waktu ke waktu. Di antaranya penglihatan kabur, kelelahan, sangat lapar atau haus, urgensi urin meningkat, luka sembuh perlahan, mati rasa atau kesemutan di tangan atau kaki Anda, penurunan berat badan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Diabetes tipe 2 terutama disebabkan oleh dua masalah yang saling berhubungan yaitu resistensi insulin berkembang di otot, lemak, dan sel hati. Sel-sel ini tidak menerima cukup gula karena mereka tidak berinteraksi dengan insulin secara normal. Kedua pankreas Anda tidak dapat menghasilkan cukup insulin untuk menjaga kadar gula darah tetap terkendali.

Jika Anda atau keluarga atau kerabat Anda menderita diabetes tipe 2, membuat pilihan gaya hidup sehat dapat membantu mencegah diabetes tipe 2. Meskipun tidak ada cara yang paling efektif untuk menghindari diabetes tipe 2, menjaga berat badan yang sehat, makan makanan yang sehat, dan berolahraga secara teratur semuanya dapat membantu.

Diabetes tipe 2 dapat dicegah dengan menurunkan faktor risiko seperti kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi. Konsultasikan dengan penyedia layanan kesehatan jika Anda atau keluarga Anda atau pasangan Anda atau anak Anda mengalami gejala diabetes.

Diabetes dapat diobati dan dikendalikan lebih efektif jika terdeteksi sejak dini. Anda bahkan dapat bergabung dengan kelompok survivor diabetes untuk bertemu orang-orang yang mengalami hal yang sama. 


Penulis Indra Kurniawan
Editor Ari Kurniawan
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore