Semesta Dairi Memanggil, Dukung Pemberdayaan Perempuan Dari Penenun Ulos Hingga Petani Kopi

tabloidbintang.com Jumat, 3 Juni 2022 22:11:27
Peluncuran Program Semesta Dairi Memanggil pada Kamis(2/6) di Jakarta.

TABLOIDBINTANG.COM - Kabupaten Dairi merupakan salah satu dari tujuh kabupaten yang mengelilingi Danau Toba dan berada di daratan tinggi Bukit Barisan. Lingkungan Kabupaten Dairi juga berperan sebagai penyangga ekosistem Danau Toba, dengan memiliki sungai-sungai yang mengalir ke Danau Toba.

Keberagaman etnis yang mendiami Kabupaten Dairi seperti Pakpak, Toba, Karo, Simalungun, Mandailing, Nias, Minang, Aceh, Jawa dan Tionghoa merupakan warisan budaya bangsa yang bernilai luhur yang membentuk identitas Kabupaten Dairi. Berbagai potensi wisata alam dan budaya ini yang merupakan aset yang sangat potensial untuk pengembangan kepariwisataan. 

Dalam mengembangkan potensi besar ini, maka berbagai upaya telah dan sedang dilakukan, salah satunya adalah program Semesta Dairi Memanggil. Program ini merupakan program penguatan destinasi paiwisata dan kebudayaan dengan cara menerapkan konsep promosi pariwisata dan kebudayaan dengan cara menerapkan konsep promosi pariwisata yang kreatif, dengan terobosan baru, dan bisa mewujudkan semangat G20.

“Kami memiliki potensi wisata yang luar biasa. Ada Danau Toba, ada gunung, daerah pertanian yng subur, ada kopi Sidikalang yang enak dan juga kain tenun yang indah. Jika dikelola dengan baik, semua ini akan menjadi daya tarik pariwisata yang menjanjikan,” ujar Bupati Dairi, Eddy KA. Berutu dalam jumpa pers Peluncuran Program Semesta Dairi Memanggil pada Kamis(2/6) di Jakarta.

Menparekraf Sandiaga Uno dalam sambutannya secara virtual mengungkapkan konsep promosi wisata yang dilakukan Bupati Dairi melalui program Semesta Dairi Memanggil merupakan konsep promosi yang kreatif. “Semoga dengan konsep promosi yang seperti ini, Dairi semakin dikenal dunia,” kata Sandiaga.

Menurut Sandiaga, cara yang paling tepat dan disukai para wisatawan dalam negeri maupun mancanegara saat ini adalah dengan memadukan berbagai atraksi dengan amenities. “Dalam hal ini, Dairi memiliki semuanya. Ada keindahan alamnya, ada budayanya, ada kopi Sidikalang yang terkenal dan kain ulos yang indah,” tegas Sandiaga. 

Kabupaten Dairi memang terkenal dengan Kopi Sidikalang yang sudah menjadi konsumsi pencinta kopi di mancanegara melalui salah satu gerai kopi terkenal di dunia. Selain itu juga ada Tenun Ulos Dairi seperti ulos Silalahi Silahisabungan. Ini merupakan jenis ulos yang terbaik dengan pola dan teknis tenun yang cukup rumit. 

Dalam kesempatan yang sama, Romy Mariani Eddy Berutu, Ketua TP PKK & Ketua Dekranasda Kab Dairi menambahkan, perempuan Dairi banyak yang menjadi tulang punggung keluarga. “Untuk itu, kami ingin memberdayakan kaum perempuan lewat kain wastra kain Ulos, dimana mereka setelah pulang dari bertani kopi, lanjut dengan menenun. Ada sekitar 400 penenun di Dairi yang sebagian besar adalah perempuan,” ujarnya.


Penulis tabloidbintang.com
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore