Waspadai Penyebab Masalah Mental dan Mulai Cek Kesehatan Anda

tabloidbintang.com Sabtu, 18 Juni 2022 02:00:20
ilustrasi

TABLOIDBINTANG.COM - Ketika Anda mulai kehilangan kemampuan untuk mengontrol emosi sehingga menjadi lebih mudah marah maupun bersedih dan cemas, inilah saat yang tepat untuk segera melakukan cek kesehatan mental. 

Anda mungkin heran mengapa bisa mengalami gejala-gejala yang mengarah ke masalah mental hingga akhirnya harus menempuh langkah melakukan cek kesehatan mental. Pasalnya, penyebab dari masalah mental itu sendiri kerap hadir dari hal-hal yang mungkin Anda pandang sepele dan tidak Anda sadari sehari-hari. 

Untuk melakukan pengecekan kesehatan mental, Anda bisa langsung pergi ke psikolog atau sebagai rekomendasi bisa melakukan pengecekan tersebut di SehatQ.

Cek kesehatan mental secara berkala menjadi penting untuk dilakukan guna memastikan apa kondisi psikis Anda baik-baik saja atau tidak agar tidak sampai mengganggu atau meruntuhkan kualitas hidup. Di samping itu, mulailah pula mewaspadai penyebab masalah mental ini dan sebisa mungkin menghindarinya jika tidak ingin kesehatan mental Anda terganggu. Berikut di antaranya :

Menyembunyikan Emosi 

Anda sering menyembunyikan emosi yang sedang Anda rasakan dari pasangan maupun orang-orang terdekat. Alasannya mungkin karena tidak mau membuat orang-orang tersebut merasa tidak nyaman dan memilih menjauh dari Anda. Mulai sekarang usir pemikiran tersebut karena kebiasaan menyembunyikan emosi hanya akan membuat masalah mental lebih mudah Anda alami. Mulailah untuk belajar mengutarakan perasaan Anda yang sebenarnya kepada orang-orang di sekitarnya, entah itu senang, sedih, maupun marah sekalipun. 

Malas Bergaul 

Kondisi seseorang tiba-tiba menarik diri dari pergaulan bisa menjadi sinyal untuk segera melakukan cek kesehatan mental di SehatQ maupun tempat lain. Namun ada kalanya, kebiasaan malas bergaul sudah terbentuk dari dini dan menjadi kebiasaan Anda karena enggan berurusan dengan hal-hal yang dianggap membuang waktu. Cobalah untuk mengubah kebiasaan tersebut dan mulailah berinteraksi dengan orang-orang di sekitar Anda agar kesehatan mental lebih terjaga. 

Kekerasan dan Perundungan 

Mengalami kekerasan dan perundungan acapkali menjadi pemicu masalah mental yang sulit diatasi. Pasalnya, seseorang yang terus-menerus mengalami kekerasan dan perundungan cenderung mengalami trauma yang berkaitan dengan kondisi psikologisnya. J

Utang yang Menumpuk 

Jangan memiliki kebiasaan berutang apalagi dalam jumlah besar dan ke beberapa pihak. Kebanyakan orang yang memiliki utang menumpuk cenderung lebih mudah mengalami stres yang tidak terkendali. 

Terlalu Sibuk Bekerja 

Bekerja memang baik dan jika dilakukan dari porsi yang tepat bisa meningkatkan rasa kepercayaan diri sekaligus menjaga kesehatan mental. Namun ketika porsi kerja Anda sudah masuk overdosis, risiko mengalami masalah mental menjadi lebih dekat dan mengintai lebih tajam. 

Sering Begadang 

Ketika Anda begadang, waktu istirahat menjadi tidak tercukupi. Begadang cukup memicu hormon kortisol yang menghadirkan kecemasan untuk berproduksi lebih. Kondisi-kondisi inilah yang membuat seseorang yang habis begadang cenderung lebih sulit mengendalikan emosi dan mengalami mood swing. 

Walaupun sudah berusaha menghindarkan diri dari kebiasaan penyebab rusaknya kesehatan mental di atas, cek kesehatan mental secara berkala tetap diperlukan. Pasalnya, tidak jarang masalah mental juga dipicu oleh berbagai kondisi lain yang tidak bisa Anda kendalikan, seperti kehilangan, kecelakaan, benturan, maupun faktor genetik.


Penulis tabloidbintang.com
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore