Keunggulan Accounting Software Indonesia Terbaik by Jurnal.id

Infomercial Senin, 25 Juli 2022 15:15:13
ilustrasi

TABLOIDBINTANG.COM - Accounting Software Indonesia merupakan salah satu produk perkembangan teknologi yang sangat bermanfaat untuk bisnis. Kita juga tahu bahwa akuntansi merupakan hal yang tidak dapat dilepaskan dari bisnis karena di dalamnya mencakup pencatatan, analisis hingga pengelolaan transaksi keuangan.

Akuntansi juga merupakan hal yang kompleks sehingga butuh ahlinya dan waktu yang cukup lama untuk mengerjakannya. Meski begitu, dengan banyak dan kompleksnya transaksi akuntansi dengan cara manual juga rentan mengalami kesalahan atau human error.

Berangkat dari masalah tersebut, banyak vendor dan pengembang software bisnis yang meluncurkan software khusus akuntansi. Lantas apa yang menjadi keunggulan accounting software Indonesia serta bagaimana cara memilihnya?

Keunggulan Accounting Software Indonesia Dibandingkan Cara manual

Accounting software Indonesia memang dirancang dan dibuat untuk membuat proses akuntansi bisnis perusahaan seefektif dan seefisien mungkin. Tentunya ada banyak keunggulan penggunaan software dibandingkan cara manual yaitu :

1. Efisiensi waktu dengan fitur otomatisasi

Proses input data secara manual tentunya akan memakan banyak waktu, belum lagi dengan pengecekan kembali sehingga pekerjaan kurang efisien. Dengan fitur otomatisasi dari software tentunya akan meningkatkan efisiensi dalam pekerjaan ini. Seluruh data yang diinputkan akan segera diproses dan menghasilkan informasi yang akurat untuk kemudahan dalam pembuatan laporan.

2. Pembukuan lebih mudah dan akurat

Penggunaan software tentunya akan mempunyai tingkat ketelitian dan akurasi yang lebih tinggi dibandingkan cara manual. Sistem dalam software akan memastikan catatan akuntansi dikelola dengan benar dan akurat. Selain itu, software juga dapat memberitahu potensi kesalahan yang bisa terjadi. Hal ini akan sangat meminimalisir bahkan menghindarkan kesalahan yang biasa terjadi dengan cara manual.

3. Aksesibilitas tinggi

Salah satu kelebihan utama software akuntansi adalah telah berbasis cloud yang memungkinkan untuk diakses dari mana dan kapan saja serta perangkat apa saja. Sebab software akuntansi dapat diakses melalui perangkat desktop atau PC, laptop, tablet hingga smartphone asalkan terkoneksi dengan jaringan internet.

4. Keamanan datanya terjamin

Keunggulan lain dari accounting software Indonesia adalah dari segi keamanan datanya yang lebih terjamin. Sistem cloud pada software akan mengamankan seluruh data akuntansi dimana data tersebut berada dalam lapisan algoritma dengan enkripsi kelas atas.

Hal tersebut tentunya membuat data lebih aman dibandingkan bila disimpan pada rak kantor. Selain itu, data juga akan disinkronkan secara real-time, sehingga Anda tidak perlu repot mencadangkan data karena software telah melakukannya. Tentunya hal ini berbeda dengan aplikasi berbasis desktop bahkan manual.

5. Meminimalkan pemakaian kertas

Keunggulan lainnya dari accounting software Indonesia adalah meminimalkan pemakaian kertas karena semua data keuangan telah berbentuk online. Semua dokumen seperti faktur pembelian, invoice, dll dibuat secara digital dan dapat dikirim langsung ke klien. Tentunya, selain dapat mengefisienkan anggaran karena mengurangi penggunaan kertas juga dapat mempercepat prosesnya.

Faktor Pertimbangan Memilih Accounting Software Indonesia

Dengan melihat banyaknya keunggulan proses akuntansi yang dikerjakan menggunakan software dibandingkan manual tentu membuat accounting software Indonesia lebih diminati. Namun, ada beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih software terbaik, faktor tersebut seperti :

1. Berbasis online atau offline

Semua keunggulan software yang telah dibahas diatas adalah bila kita menggunakan software yang berbasis online atau cloud. Meski begitu tetap ada bisnis yang lebih membutuhkan kecepatan dan tidak selalu sistemnya terhubung internet seperti toko ritel. Karenanya mereka lebih cocok menggunakan sistem offline, namun berikut keunggulan kedua sistem tersebut :

Keuntungan software akuntansi berbasis online :
?    Tidak perlu diinstal, cukup mendaftar kemudian Anda bisa mulai menggunakannya.
?    Semua pembaruan sistem dilakukan secara otomatis.
?    Dapat diakses dari perangkat apa saja, kapan dan di mana saja asalkan terhubung internet.
?    Pengembang software yang akan mengurus pencadangan data dan pemeliharaan sistem sehingga lebih hemat biaya.
?    Data dapat disinkronkan kapan saja.
?    Dapat diintegrasikan dengan aplikasi berbasis cloud lainnya.

Kondisi bisnis yang lebih cocok dengan software offline :
?    Toko ritel yang membutuhkan pencetakan banyak faktur.
?    Kurangnya atau bahkan tidak ada koneksi internet di lokasi.

2. Keamanan data

Segi keamanan merupakan hal yang perlu Anda pertimbangkan ketika memilih accounting software Indonesia berbasis online. Jangan ragu bertanya kepada pengembang tentang bagaimana cara mereka menyimpan data kliennya. Umumnya pengembang software bisnis akan menyimpan data pada servernya sendiri. Anda dapat menanyakan tentang langkah-langkah keamanan yang mereka lakukan untuk melindungi data kliennya.

Selain itu pastikan layanan menggunakan koneksi HTTPS, Anda dapat mengecek url-nya dan untuk melihat sertifikatnya hanya cukup mengklik-nya. Protokol HTTPS akan memastikan data yang Anda kirim ke server pengembang telah terenkripsi dan tidak dapat dilihat oleh peretas.

3. Fitur

Faktor penting selanjutnya adalah fitur yang dimiliki software, sebuah accounting software Indonesia yang baik tentunya harus memiliki beberapa fitur untuk memudahkan pengguna seperti :
?    Buat faktur dan penyesuaian tema.
?    Pelacakan pengeluaran berdasarkan kategori.
?    Pengelolaan inventaris, pergerakan stok dan overhead.
?    Terintegrasi dengan akun bank perusahaan.
?    Pembuatan purchase order dan pencatatan pembelian inventaris.
?    Pembuatan dan pengelolaan pajak.
?    Perekaman entri jurnal.
?    Pengelolaan daftar pelanggan dan vendor.
?    Pelacakan hutang piutang perusahaan.
?    Pelacakan neraca, laporan laba rugi dan keuangan lainnya.
?    Menambahkan user software.
Beberapa fitur di atas merupakan fitur pokok, akan lebih baik bila software mempunyai fitur tambahan seperti :
?    Mendukung transaksi multi currency (mata uang).
?    Pengelolaan karyawan dan payroll.
?    Pengkategorian transaksi berdasarkan proyek.
?    Pemberian hak akses untuk setiap user.

4. Tampilan dashboard

Seorang pemilik bisnis umumnya tidak terlalu paham dengan detail akuntansi, makanya penting untuk memilih software yang mudah dioperasikan. Selain itu pastikan software juga mempunyai tampilan yang sederhana dan mudah dipahami meskipun Anda bukan ahli akuntansi.
Pastikan semua fitur yang ada memang dibutuhkan perusahaan, jangan sampai ada fitur yang tidak terpakai karena hanya akan memberatkan software. Selain itu dengan tampilan yang simpel Anda juga dapat lebih fokus pada tugas-tugas penting saja.

5. Skalabilitas

Salah satu kesalahan sebuah perusahaan dalam membeli accounting software Indonesia adalah hanya mempertimbangkan skala bisnis ketika pembelian saja. Dan pada saat bisnis telah berkembang dan semakin besar, software tidak dapat mengikuti perkembangannya.

Hal ini mengharuskan Anda melakukan migrasi data ke software baru yang tentunya akan rumit dan merepotkan. Pastikan software dapat mengikuti kebutuhan bisnis Anda, pilih software dengan fitur yang menunjang perkembangan bisnis.

Anda juga dapat memilih software dengan banyak fitur atau fiturnya dapat di-update namun dengan harga yang sama atau tidak jauh berbeda. Sehingga saat bisnis Anda berkembang maka software bisa selalu mengikuti.

6. Dapat melakukan eksport data

Faktor ini harus dipertimbangkan seandainya pengembang software perusahaannya berhenti beroperasi atau Anda menemukan banyak bug pada software setelah pemakaian. Karenanya pastikan software memiliki fitur eksport data bila hal tersebut terjadi.

Pastikan software dapat melakukan eksport data ke dalam bentuk excel, hal ini akan memudahkan Anda ketika menggunakan software baru. Sebab kebanyakan accounting software Indonesia menerima ekspor data dari excel.

7. Harga atau tarif sewa sesuai dengan kemampuan perusahaan

Beberapa accounting software Indonesia dijual lepas namun ada pula dijual dengan sistem sewa. Hal yang perlu dipastikan di sini adalah harganya sesuai dengan kemampuan perusahaan.

Sebab terkadang ada software yang memang harga awalnya cukup murah, namun terdapat biaya tambahan bila terjadi update, tambahan fitur, hingga pemeliharaan. Jadi, tanyakan dengan detail mengenai harga atau tarif sewa ini kepada pengembang atau vendor.

8. Layanan after sales atau setelah pembelian

Adanya layanan after sales atau layanan setelah pembelian merupakan hal penting lainnya, namun hal ini seringkali terabaikan. Sebab, sebagus apapun sebuah software, bukan berarti tidak akan ada masalah ketika menggunakannya. Di sinilah peran penting layanan tersebut, jangan sampai ketika ada masalah kita tidak dapat berkonsultasi ke pihak pengembang.

Jangan terjebak dengan harga murah yang ditawarkan, namun tidak mempunyai layanan customer support. Untuk mengetahuinya, Anda dapat menghubungi pihak pengembang software dan lihat bagaimana responnya. Selain itu Anda juga dapat menanyakan langsung hal tersebut sebelum menggunakan softwarenya.

Tips Tambahan Memilih Accounting Software Indonesia

Selain beberapa tips yang telah disebutkan di atas, ada beberapa tips tambahan yang bisa Anda gunakan saat akan membeli accounting software Indonesia. Beberapa tips tambahan ini adalah sebagai berikut :

1. Konsultasikan dengan karyawan yang akan menjadi user

Ada baiknya Anda bertanya langsung kepada karyawan yang mengurus akuntansi perusahaan. Tanyakan apa yang mereka perlukan untuk memudahkan pekerjaannya, dari sini Anda dapat membuat daftar software yang memenuhi kriteria yang dibutuhkan karyawan.

2. Perhitungkan anggaran

Dari daftar software tersebut carilah yang menawarkan harga atau tarif sewa yang sesuai dengan kemampuan perusahaan. Langkah ini akan menyeleksi banyak software di dalam daftar.

3. Lihat jumlah review, testimoni atau ulasan positif

Pastikan software yang akan Anda gunakan berasal dari pengembang terpercaya, hal ini dapat kita lihat dari banyaknya review hingga ulasan positif dari kliennya. Selain itu, bila ada rekan yang menggunakan software yang ada dalam daftar, Anda dapat menanyakan secara langsung.

4. Cobalah fitur demo atau trialnya

Umumnya setiap pengembang software bisnis mempunyai video demo penggunaan software, Anda dapat meminta video tersebut untuk mempelajarinya. Bila Anda cukup yakin, selanjutnya bisa mencoba fitur trial software yang juga umumnya disediakan.

Anda dapat melakukan simulasi transaksi real yang ada di perusahaan, dari sini kita dapat mengetahui apakah software memang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Setelah Anda mencoba fitur dan yakin barulah melakukan pembelian atau penyewaan software.

Accounting Software Indonesia by Mekari Jurnal

Dari banyaknya software akunting yang ada di Indonesia tentu cukup membuat Anda bingung memilihnya. Namun dari banyaknya software yang ada, software akuntansi dari Mekari Jurnal merupakan salah satu yang terbaik dan merupakan pionir awalnya di Indonesia.

Mekari sendiri merupakan pengembang berbagai aplikasi bisnis dan accounting software Indonesia yang telah berpengalaman dan terpercaya. Pengembang yang satu ini telah dipercaya oleh banyak kliennya seperti ubiklan, Amartha, Bardi, Moka, your bag spa, kebab Turki, Bordo, dan banyak lainnya.

Software akuntansi Mekari menawarkan berbagai fitur yang akan memudahkan proses akuntansi dalam bisnis perusahaan Anda. Untuk info lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi Jurnal.id sebagai penyedia support system terbaik. Dapatkan pula dukungan dari tim ahli Mekari yang telah berpengalaman dalam mengembangkan banyak bisnis perusahaan.


Penulis Infomercial
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore