Laki-laki Sering Lalai Merawat Kulit Wajah, Dokter Michael Lawanto: Jangan Remehkan Bahaya Sinar Matahari

Redaksi | 5 Agustus 2022 | 00:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Merawat kulit wajah bukan hanya penting bagi wanita. Para pria juga sebaikanya meluangkan waktu khusus untuk menjaga kesehatan kulitnya. Terlebih bagi mereka yang setiap hari beraktivitas di luar ruangan.

Pentingnya merawat kulit wajah dan memakai skincare bagi laki-laki juga dibenarkan oleh dr. Michael Lawanto (@dr.michaellawanto). Dr. Michael mengungkapkan beberapa alasan kenapa kulit wajah laki-laki bisa bermasalah.

“Yang pertama. Laki-laki yang mempunyai kulit wajah bermasalah biasanya mereka ini malas, acuh tak acuh terhadap wajahnya sendiri sehingga jarang memakai skincare karena mereka nggak terlalu menanggap penting skincare. Padahal laki-laki itu sering berkegiatan di luar, kena sinar matahari, debu, kotoran sehingga timbul jerawat. Yang kedua, pada saat berjerawat ini mereka suka iseng menyentuh area jerawat dengan jari-jari,” ungkap dr. Michael Lawanto (@dr.michaellawanto).

Selanjutnya dr. Michael Lawanto juga menceritakan masalah kulit wajah pasien laki-laki yang pernah datang ke klinik miliknya, dr.MF. Walaupun perbandingan pasien laki-laki dengan perempuan di kliniknya 2:8 atau hanya 20 persen, namun masalah kulit wajah pada pasien laki-laki yang datang kebanyakan sama.

“Rata-rata, masalah kulit wajah pasien laki-laki yang ditangani klinik dr.MF itu wajahnya yang bopeng, berjerawat dan berflek. Masalah itu bisa timbul karena memang masih banyak kaum laki-laki yang lalai merawat kulit," lanjut dr. Michael Lawanto. Karena masalah ini, dr. Michael Lawanto memberikan informasi produk skincare yang setidaknya harus digunakan laki-laki.

"Laki-laki sebenarnya nggak perlu merawat kulit seintensif perempuan. Namun laki-laki harus waspada terhadap sinar matahari karena dampak sinar matahari itu sama bahayanya buat laki-laki dan perempuan. Apalagi semakin ke sini, efek sinar UV semakin memburuk. Jadi, selain facial wash (sabun cuci wajah), untuk laki-laki kulit normal harus memakai sunblock atau sunscreen setiap harinya. Bagi kulit yang sedang berjerawat, laki-laki boleh memakai krim siang, malam, atau serum. Tetap sunblock atau sunscreen yang jadi nomor satu 1," tutup dr. Michael Lawanto.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait