Mengenal Alergi Kulit Dermatitis Atopik dan Cara Mengatasinya

Redaksi | 20 September 2022 | 03:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Alergi dermatitis atopik mengalami peningkatan setiap tahunnya. Penelitian oleh Soegiarto dan kawan-kawan tahun 2019, melaporkan bahwa morbiditas penyakit alergi pada anak sekolah di kota metropolitan di Indonesia memiliki pola yang sama dengan negara berkembang lainnya.

Penelitian melibatkan 499 anak dan remaja dari sekolah dan universitas di 5 kota. Dilaporkan 278 subjek setidaknya memiliki satu manifestasi penyakit alergi, di mana kasus dermatitis atopik sebesar 1,8 persen.

Urtikaria dan rhinitis alergi merupakan penyakit atopik yang paling sering muncul, dengan riwayat keluarga atopi positif sebesar 60,79 persen. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan kasus dibandingkan tahun 1998.

Dermatitis atopik dapat menyerang segala usia mulai dari bayi, anak-anak, remaja, dewasa, bahkan orang tua di umur emasnya. Bagi sebagian orang yang mengalami kondisi kulit atopik, mengunjungi dan berobat ke dokter kulit ternyata tidak selalu mudah.

“Gejalanya yakni rasa gatal sudah tak tertahankan dan permukaan kulit sudah berubah total. Namun, bagi sebagian orang juga enggan berkunjung ke dokter spesialis kulit,” kata Pakar Kecantikan Noviana Supit yang juga Direktur ERHA dari Palu, Sulawesi Tengah, secara daring baru-baru ini.

Namun, lanjutnya, banyak orang yang tidak ragu dan selalu menomersatukan penampilan dengan berkunjung ke klinik kecantikan tanpa melihat apakah dermatologistnya jelas dan kredibilitas.

Dia mengungkapkan, masalah kulit tersebut sering terjadi pada masyarakat modern di kota besar seperti Jakarta bahkan Palu sekalipun. Maka penting untuk mendapatkan perawatan Aesthetic/Cosmetic Dermatology maupun General Dermatology.

“Masalah kulit itu spesial sebab setiap perawatan sangat dipersonalisasi untuk setiap pasien dengan kenyamanan yang juga sangat diperhatikan,” paparnya.

Selain perawatan masalah atopik, perempuan juga saat ini gemar melakukan perawatan dengan laser dan anti jerawat.

“Kami juga punya program baru ultimate younger program untuk awet muda dengan black carbon glowrejuvenation laser dan black carbon skinprovement laser serta treatment untuk acne,” tutupnya.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait