Mengenal Manfaat Aplikasi Catatan Penjualan, Fitur dan Tips Memilihnya

Infomercial | 21 September 2022 | 15:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Aplikasi catatan penjualan terbaik adalah salah satu tren yang berkembang pesat dan banyak digunakan di berbagai level bisnis. Mulai dari bisnis skala kecil, menengah, maupun yang sudah tumbuh besar. Melalui penggunaan aplikasi catatan penjualan terbaik, maka Anda bisa mengelola alur kerja lebih efisien. Dengan begitu, produktivitas pun dapat ditingkatkan secara signifikan.

Lebih dari itu, kemajuan teknologi digital yang semakin cepat mau tidak mau berdampak pada tuntutan pelayanan pelanggan yang lebih baik lagi. Jadi, penggunaan aplikasi catatan penjualan pada bisnis Anda juga bisa dimanfaatkan untuk menjawab kebutuhan tuntutan zaman tersebut.

Pentingnya Aplikasi Catatan Penjualan Terbaik

Manajemen penjualan memainkan peran penting dalam pertumbuhan bisnis. Inovasi aplikasi catatan penjualan terbaik mampu mencegah masalah-masalah operasional yang bisa terjadi selama menjalankan operasional secara manual. Termasuk adanya kesalahan catatan pembayaran, arus barang yang keluar-masuk, hingga proses transaksi yang menghabiskan waktu lebih banyak. Manfaat yang bisa diperoleh dari penggunaan aplikasi catatan penjualan terbaik antara lain:

1. Mencegah risiko kehilangan informasi

Kehilangan informasi adalah hal buruk yang harus dihindari oleh setiap pelaku bisnis. Pasalnya, kehilangan informasi penting bisa berdampak pada penurunan nilai dan pendapatan. Dengan menggunakan aplikasi penjualan terbaik, kemungkinan terjadinya kesalahan manusia (human error) dan informasi apa pun bisa diminimalisir. Segala aktivitas penjualan bisnis tercatat dengan baik dalam sistem, sehingga bisa mendukung kelancaran penjualan bisnis itu sendiri.

2. Penjualan tercatat akurat dan otomatis

Penggunaan aplikasi penjualan terbaik membantu Anda mencatat penjualan lebih akurat karena data terekam secara otomatis. Dibanding dengan menggunakan mesin cash register, aplikasi penjualan tidak membutuhkan banyak kode untuk dihafalkan.

Menariknya, Anda tidak perlu menyediakan buku catatan khusus untuk menuliskan satu per satu aktivitas penjualan. Proses perhitungan total penjualan pun tidak lagi membutuhkan kalkulator karena sudah dilakukan secara otomatis oleh sistem.

3. Pengelolaan stok bahan baku atau produk lebih mudah

Kemajuan teknologi melalui kehadiran aplikasi catatan penjualan terbaik memungkinkan proses pengelolaan stok bahan baku atau produk lebih mudah. Kapan saja dan dari mana saja, Anda bisa mengetahui jumlah stok bahan baku atau produk hingga histori pesanan ke supplier. Jadi, sebagai pelaku bisnis Anda bisa menentukan waktu restock bahan baku dan harganya secara efektif dan efisien.

4. Memberikan laporan penjualan secara real time

Analisis penjualan bisnis sering kali membutuhkan waktu dan tenaga ekstra. Namun, hal tersebut tidak berlaku lagi berkat adanya kemajuan teknologi digital. Aplikasi elektronik mampu memberikan keseluruhan laporan bisnis secara real time.

Artinya, proses analisis performa bisnis bisa dilakukan lebih optimal. Dengan begitu, Anda dapat mengambil keputusan dan menyusun rencana bisnis selanjutnya untuk menghasilkan keuntungan yang lebih besar.

Manfaat Utama Aplikasi Catatan Penjualan

Aplikasi catatan penjualan mengambil alih sistem penjualan konvensional di berbagai jenis perusahaan B2B. Perangkat lunak ini dirancang untuk menyederhanakan aktivitas penjualan dalam suatu bisnis dan membantu mempercepat konversi prospek menjadi pelanggan. Jika Anda menjalankan perusahaan B2B namun belum pernah mendengar tentang aplikasi catatan penjualan, maka Anda wajib membaca artikel ini.

Berikut ini adalah beberapa manfaat utama yang perlu Anda ketahui.

1. Data yang Lebih Terorganisir

Aplikasi catatan penjualan memberi Anda pandangan lengkap tentang pelanggan Anda. Perangkat lunak ini dirancang untuk memberikan informasi penjualan, pemasaran, dan layanan pelanggan yang akurat kepada perusahaan Anda sehingga seluruh departemen tetap sinkron dan terorganisir.

Dengan riwayat terperinci tentang karakteristik dan preferensi pelanggan, aplikasi catatan penjualan memungkinkan Anda memanfaatkan setiap interaksi pelanggan sebaik-baiknya serta menghasilkan keputusan berbasis data berdasarkan informasi real-time dan terkini.

2. Perkiraan Penjualan yang Akurat

Informasi yang tidak memadai dapat menyebabkan perkiraan penjualan yang tidak akurat. Aplikasi catatan penjualan terbaik mencatat data secara efisien dan memberikan informasi penting yang memudahkan tenaga penjualan membuat prediksi yang akurat. Data mudah dikelola dan diproyeksikan. Prosedur sederhana ini bisa sangat melegakan bagi manajer penjualan.

3. Proses Penjualan yang Lebih Terfokus

Aplikasi catatan penjualan memungkinkan tim Anda untuk berkonsentrasi pada penjualan daripada mengkhawatirkan tugas-tugas yang berulang namun penting seperti memperbarui database, menjadwalkan meeting di kalender, atau membuat follow-up reminder. Selain itu, aplikasi ini memiliki kemampuan untuk secara otomatis memasang reminder untuk tindak lanjut, menjadwalkan tugas yang diperlukan untuk proses penjualan, dan mendelegasikan tugas untuk anggota tim yang relevan.

4. Peningkatan Kolaborasi Internal

Aplikasi catatan penjualan dapat merangkum semua pekerjaan yang dilakukan oleh tim penjualan Anda dan menyajikan informasi tersebut dengan memungkinkan semua orang yang terlibat untuk memahami apa yang sedang dilakukan oleh tim secara keseluruhan. Akses yang mudah ke informasi ini mengurangi kebutuhan untuk meeting yang memakan waktu lama, sambil memungkinkan semua orang untuk terlibat dan menjadi bagian penting dari bisnis Anda.

5. Fleksibilitas yang Lebih Baik

Aplikasi catatan penjualan memudahkan tim penjualan Anda mengecek prospek baru yang ditugaskan kepada mereka dan memperbarui status prospek mereka. Mereka dapat mengakses sistem di mana saja dan kapan saja melalui smartphone. Jadi, tim penjualan Anda tidak perlu menunda pekerjaan mereka, terutama bila mereka memiliki banyak jadwal meeting dalam satu hari.

6. Analisis Sumber Prospek yang Lebih Baik

Anda akan memiliki kemudahan untuk dapat menghitung ROI yang Anda dapatkan dari setiap sumber prospek (misalnya Google Ads, newsletter, SEO, telemarketing, dan lain-lain). Ini akan memungkinkan Anda untuk mengalokasikan sumber daya dan uang Anda lebih banyak ke sumber prospek yang paling berguna dan efektif. Dengan demikian, Anda dapat menghemat uang yang biasa Anda habiskan untuk sumber prospek yang kurang efektif dan fokus pada yang menguntungkan.

7. Alur Penjualan yang Lebih Baik

Aplikasi catatan penjualan memudahkan Anda mengidentifikasi prospek yang berkualitas dan siapa yang harus lebih diprioritaskan. Anda dan tim penjualan akan dapat memonitor status prospek dan perkembangan penjualan dengan lebih mudah, karena informasi yang Anda butuhkan dapat dilihat dalam satu layar. Bukan hanya itu, aplikasi ini memiliki fungsi drag and drop yang memungkinkan Anda mengatur tahap-tahap penjualan dan menempatkan prospek sesuai dengan statusnya.

Fitur yang Terdapat Pada Aplikasi Catatan Penjualan

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa setiap aplikasi memiliki keunggulan pada fiturnya antara satu dengan yang lainnya. Fitur-fitur ini memiliki peran yang sangat penting untuk membantu pebisnis dapat meningkatkan bisnisnya. Maka dari itu pebisnis perlu untuk memperhatikan fitur-fitur yang harus ada dalam aplikasi catatan penjualan sebelum memilihnya untuk bisnisnya. Berikut adalah beberapa fitur yang harus dan wajib ada:

1. Aplikasi Mobile

Aplikasi penjualan harus dan wajib untuk mendukung akses mobile sehingga tim sales tidak kehilangan data produktivitas dan fungsionalitasnya jika mereka tidak berada di kantor. Lebih baik lagi jika tim sales tetap bisa mengakses data saat dalam keadaan offline sekaligus agar menghindari data input yang lebih dari satu.

2. Reporting Detail

Fitur ini mampu memberikan laporan secara detail mengenai kinerja individu maupun perusahaan gunanya agar target matriks KPI terpenuhi. Selain itu fitur ini juga dapat melihat kendala yang tim sales hadapi dan langsung dapat melakukan penyelesaian masalahnya. Laporan pada fitur ini juga berguna sebagai data valid dalam menyusun sebuah strategi bisnis.

3. Lead Management

Fitur ini dapat memudahkan pebisnis untuk melacak prospek potensial dengan sumbernya, memberi pemicu peringatan, menindaklanjuti prospek sampai mencapai kesepakatan atau close deal. Dengan fitur ini pebisnis mampu menentukan target audiensnya dengan baik sehingga kampanye/ bentuk promosi yang akan dilakukan sesuai dengan targetnya.

4. Otomatisasi Dokumen

Suatu bisnis yang menggunakan fitur ini biasanya memiliki kinerja yang lebih baik dari pesaingnya. Karena fitur ini mampu mengotomatiskan dokumen secara real time setiap pembaruan prospek. Dengan hal ini tim sales mampu mengirimkan respon yang tepat saat prospek menghubungi bisnis, sebab data yang ditampilkan adalah data yang akurat dan terbaru.

Tips Memilih Aplikasi Catatan Penjualan Terbaik

Meski sudah menawarkan banyak manfaat, ternyata masih ada pelaku bisnis yang enggan beralih. Alasannya, mereka merasa kesulitan mengoperasikan dan memilih aplikasi POS terbaik untuk bisnis yang dijalankan. Untuk membantu Anda, berikut tips memilih aplikasi catatan penjualan terbaik yang bisa Anda perhatikan:

  • Pelajari dan catat apa yang Anda butuhkan dari pemakaian aplikasi catatan penjualan terbaik.
  • Pilih penyedia aplikasi penjualan yang memiliki berbagai fitur canggih demi mendukung kelancaran usaha.
  • Pastikan aplikasi catatan penjualan terbaik sudah terhubung dengan cloud, sehingga data transaksi terjamin keamanannya.
  • Pilih aplikasi yang user friendly.
  • Pilih penyedia aplikasi catatan penjualan yang menyediakan jaminan keamanan data pelanggan.
  • Pastikan perusahaan penyedia aplikasi catatan penjualan memiliki reputasi yang baik.

Pilih Mekari Jurnal sebagai aplikasi catatan penjualan terbaik untuk bisnis Anda. Mekari Jurnalo memiliki tampilan menarik dan sangat mudah digunakan. Fitur-fitur yang ditawarkan pun sangat lengkap. Mulai dari fitur dashboard dan laporan, fitur inventaris untuk manajemen stok, hingga fitur promosi.

Mengapa Harus Menggunakan Aplikasi catatan penjualan?

Di era informasi digital ini, mengandalkan upaya penjualan konvensional saja tidaklah cukup. Kurangnya informasi lengkap terkait prospek, keterlambatan dalam mengambil tindakan, dan pengambilan keputusan yang tidak tepat dapat menyebabkan bisnis B2B Anda kehilangan banyak peluang.

Aplikasi catatan penjualan memungkinkan Anda memantau dan mengoptimalkan setiap interaksi dengan prospek dan pelanggan. Tidak hanya menyediakan kemudahan dalam melacak informasi, aplikasi catatan penjualan juga mengotomatiskan tugas-tugas berulang sehingga efisiensi dan produktivitas pun dapat ditingkatkan.

Implementasi aplikasiyang sukses tidak hanya bergantung pada penggunanya, tetapi juga pada vendor yang mengembangkannya. Oleh karena itu, penting untuk memilih mitra yang dapat diandalkan. Beri tahu kami tentang jenis bisnis dan industri Anda dan kami akan menawarkan solusi bisnis terbaik kepada Anda.

Salah satu aplikasi catatan penjualan terbaik saat ini adalah Mekari Jurnal. Jurnal adalah software akuntansi online yang dapat membantu mengelola keuangan bisnis dengan baik agar Anda dapat meningkatkan penjualan dengan mudah.

Anda dapat mengetahui kondisi keuangan perusahaan secara realtime, di mana pun dan kapan pun. Dengan aplikasi catatan penjualan dari Jurnal, perusahaan dapat menyiapkan laporan keuangan secara instan dan tepat.

dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan tersedianya berbagai fitur, seperti laporan keuangan, persediaan barang, rekonsiliasi transaksi, termasuk pula pencatatan faktur pembelian dan pembayaran.

Dengan menggunakan aplikasi catatan penjualan online Mekari Jurnal, Anda bisa menghemat biaya, waktu, dan energi karena data keuangan bisnis diproses dengan baik oleh Jurnal.

Rasakan manfaat aplikasi inventaris barang Jurnal, coba sekarang dengan free trial selama 14 hari!

Penulis : Infomercial
Editor: Infomercial
Berita Terkait