BBM Naik, Atur Lagi Keuanganmu dan Kurangi Jajan

Vallesca Souisa | 23 September 2022 | 22:00 WIB

Kenaikan BBM pastinya berimbas pada segala lini kehidupan. Banyak harga akan naik mengikuti naik, dari kebutuhan sehari-hari sampai tagihan-tagihan primer dalam rumah tangga. Sementara gaji nggak naik atau malah berkurang?

Mungkin ini dialami banyak pasangan saat ini. Apa yang harus dilakukan? Dalam sesi LIVE Instagram bersama dengan Financial Planner Annisa Steviani, diberikan beberap tips pengelolaan keuangan menghadapi kenaikan yang siginifikan di beberapa lini saat ini.

Pertama-tama pertanyaan yang penting di antara pasangan adalah, sudahkah kalian memiliki catatan pendapatan dan pengeluaran selama ini? Karena dari sinilah kita bisa melihat lagi, mengolah, mana yang bisa dikurangi, dan seberapa besar pendapatan yang ada untuk mengakomodir semua kebutuhan yang ada. Selain itu menurut Annisa, “Harus berkomunikasi dulu secara terbuka dengan pasangan. Berapa pendapatan, ada kebutuhan apa saja. Ini penting. Tahu dulu, uang yang ada berapa,” ungkap Annisa.

Apakah pendapatan yang disebutkan cukup atau tidak? Kalau tidak cukup, berarti harus ada yang dipangkas. Tentunya yang tidak primer sifatnya, kalau nggak ada itu tidak berpengaruh pada hidupmu. Misalnya, jajan, ngopi-ngopi. Ini salah satu kegiatan yang bisa dikurangi dulu. Lumayan 50 ribu per gelas, kalau setiap minggu berapa?

Selain itu, berpikir untuk mencari pendapatan tambahan. “Buat ibu-ibu nggak usah malu, nggak usah gengsi. Sekarang ini paling cepat adalah berdagang. Disesuaikan dengan peluang dan kesempatan yang ada, serta kemampuan kita,” ucap Annisa.

Jadi, mulailah cek catatan Anda sekarang. Atau kalau yang belum punya catatan, sekaranglah saatnya membuat perubahan pada hidupmu. Mulai mencatat pengeluaran dan pendapatan Anda sehingga hidup terkelola lebih baik.

Penulis : Vallesca Souisa
Editor: Vallesca Souisa
Berita Terkait