Hati-Hati, Overthinking Ternyata Bisa Menganggu Kesehatan

Vallesca Souisa | 26 September 2022 | 20:30 WIB

Overthinking atau berpikir berlebihan nggak hanya melelahkan dan bikin stress lho lama-lama. Tapi jua bisa memengaruhi fisik. Segala sesuatu yang memengaruhi psikis kita perlahan-lahan pada akhirnya juga akan berpengaruh pada tubuh, sampai mengganggu kesehatan. Ini dia gangguan kesehatan yang bisa dialami seseorang ketika overthinking.

• Menurunnya Kekebalan Tubuh

Kekebalan tubuh bisa terserang kala kita overthinking. Ini karena kadar hormone kortisol kita yang meningkat, sebagai respon tubuh ketika stress. Overthinking juga bisa menurunkan kadar sel darah putih, yang berfungsi melawan infeksi.

• Terganggunya sistem pencernaan

Ketika overthinking kemudian stress, mudah sekali pencernaan Anda ikut terserang. Di antaranya, asam lambung naik, menurunnya kemampuan memproses makanan, hingga radang usus.

• Mengganggu Kesehatan Kulit

Tak hanya sampai pada pencernaan, bahkan hingga sampai mengganggu kondisi kulit Anda. Dari overthinking memicu stress, kemudian stress memicu peradangan kulit. Ini karena zat kimia yang dilepas tubuh saat kita stress, yakni neuropeptide. Karena itu tubuh jadi sensitive, dan timbul ruam-ruam.

• Gangguan Pada Jantung

Hormon adrenalin juga meningkat ketika kita sedang stress atau overthinking. Dengan meningkatnya, ini maka detak atau ritme jantung juga ikut naik. Nafas pun meningkat. INi lama-lama akan mengganggu kerja jantung.

Penulis : Vallesca Souisa
Editor: Vallesca Souisa
Berita Terkait