Lama Tidak Berhubungan Intim, 10 Hal Ini Mungkin Terjadi pada Tubuh Anda

Wida Kriswanti | 27 September 2022 | 16:30 WIB

Ada banyak penyebab seseorang begitu lama atau bahkan berhenti berhubungan seks. Mulai dari menjalani hubungan jarak jauh, pasangan yang duluan meninggal, atau karena ada konflik rumah tangga, dan lain-lain. Padahal usianya masih sangat produktif. 

Dampak secara psikologis sudah tentu ada. Namun kali ini akan dibahas dampaknya terhadap fisik. Dilansir dari Your Tango, mereka yang berusia produktif namun lama tidak berhubungan seks, bisa jadi akan mengalami satu atau beberapa perubahan ini pada tubuhnya. Apa saja itu?

1. Jadi sakit-sakitan

Anda merasa aktivitas keseharian yang dijalani normal-normal saja. Tidak kecapekan, tidak kehujanan, makan pun benar, tapi entah kenapa sering sakit. Pokoknya mudah sekali tubuh merasa drop.

2. Level stres meningkat

Lama tidak berhubungan seks, berarti lama tidak merasakan sensasi hormon pemicu rasa senang. Akibatnya, mengerjakan apapun jadi tidak enjoy dan merasa stres.  

3. Gangguan seks 

Karena terlalu lama tidak 'diaktifkan', lama-lama jadi terganggu fungsinya. Pada pria, kemungkinan yang terjadi antara ejakulasi diri atau gangguan ereksi.

4. Jadi sering mimpi basah

Lumayan, sih sebagai pengganti. Tapi tetap saja tidak sebanding dengan pengalaman seks sesungguhnya. 

5. Kehilangan minat untuk berhubungan intim

Lama-lama dorongan untuk berhubungan seks itu sendiri menurun atau bahkan hilang. Hal yang dulu sangat membuat bahagia tidak lagi menarik hati. 

6. Makin berjarak dengan pasangan

Jika masih memiliki pasangan sah, tidak adanya hubungan seks dalam waktu lama bisa membuat jarak antara suami dan istri semakin jauh, semakin tidak saling peduli.

7. Rasa percaya diri yang terganggu

Seseorang yang lama tidak berhubungan seks akan merasa fisiknya semakin tidak menarik. Jadi malas mematut diri, melakukan perawatan, dan semacamnya yang otomatis menurunkan performa dari segi penampilan fisik. 

8. Meningkatnya risiko kanker prostat

Pada laki-laki, tidak berhubungan seks secara rutin akan semakin meningkatkan risiko kanker prostat. 

9. Dinding vagina yang melemah

Pada wanita, semakin lama tidak berhubungan intim, otot-otot pada dindin vagina akan makin melemah. Jaga kekuatannya dengan tetap rutin senam kegel. 

10. Risiko Infeksi Saluran Kemih menurun

Ini dampak yang setidaknya positif. Mereka para penderita infeksi saluran kemih setidaknya akan berkurang risiko terserang lagi atau bahkan sembuh.
 

Penulis : Wida Kriswanti
Editor: Wida Kriswanti
Berita Terkait