Agar Ginjal Tak Cepat Rusak, 8 Hal Ini Penting Dilakukan

Redaksi | 21 Oktober 2022 | 22:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ginjal merupakan organ seukuran kepalan tangan yang terletak di bagian bawah tulang rusuk, di kedua sisi tulang belakang Anda. Mereka punya fungsi vital. Yang paling penting, ginjal menyaring limbah, kelebihan air, dan kotoran lain dari darah Anda. Produk limbah ini disimpan di kandung kemih Anda dan kemudian dikeluarkan melalui urin. 

Selain itu, ginjal juga berfungsi mengatur kadar pH, garam, dan kalium dalam tubuh Anda. Mereka juga menghasilkan hormon yang mengatur tekanan darah dan mengontrol produksi sel darah merah. Ginjal juga bertanggung jawab untuk mengaktifkan bentuk vitamin D yang membantu tubuh Anda menyerap kalsium untuk membangun tulang dan mengatur fungsi otot.

Karena punya fungsi sangat penting,  menjaga kesehatan ginjal penting untuk dilakukan.  Berikut adalah sejumlah tips dari Healthline.com untuk membantu menjaga kesehatan ginjal Anda.

1. Tetap aktif dan berolahraga 
Berolahraga secara teratur baik dapat menurunkan risiko penyakit ginjal kronis. Olahraga juga dapat mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung, yang keduanya penting untuk mencegah kerusakan ginjal. Anda tidak perlu lari maraton untuk menuai hasil dari olahraga. Berjalan, berlari, bersepeda, dan bahkan menari sangat baik untuk kesehatan Anda. Temukan aktivitas yang membuat Anda sibuk dan bersenang-senang. Akan lebih mudah untuk mematuhinya dan mendapatkan hasil yang bagus. 

2. Kendalikan gula darah
Orang dengan diabetes, atau kondisi yang menyebabkan gula darah tinggi, dapat mengalami kerusakan ginjal. Ketika sel-sel tubuh tidak dapat menggunakan glukosa (gula) dalam darah Anda, ginjal Anda dipaksa bekerja ekstra keras untuk menyaring darah Anda. Selama bertahun-tahun pengerahan tenaga, ini dapat menyebabkan kerusakan yang mengancam jiwa. Namun, jika dapat mengontrol gula darah, Anda bisa mengurangi risiko kerusakan ginjal. Jika kerusakan diketahui lebih awal, dokter bisa mengambil langkah-langkah untuk mengurangi atau mencegah kerusakan tambahan. 

3. Pantau tekanan darah 
Tekanan darah tinggi bisamenyebabkan kerusakan ginjal. Jika tekanan darah tinggi terjadi dengan masalah kesehatan lain seperti diabetes, penyakit jantung, atau kolesterol tinggi, dampaknya pada tubuh Anda bisa signifikan. Tekanan darah yang sehat adalah 120/80. Prehipertensi berada di antara titik itu dan 139/89. Perubahan gaya hidup dan pola makan dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda pada saat ini. Jika pembacaan tekanan darah Anda secara konsisten di atas 140/90, Anda mungkin memiliki tekanan darah tinggi. Anda harus berbicara dengan dokter Anda tentang pemantauan tekanan darah Anda secara teratur, membuat perubahan gaya hidup Anda, dan mungkin minum obat.

4. Pantau berat badan dan makan makanan yang sehat 
Orang yang kelebihan berat badan atau obesitas berisiko mengalami sejumlah kondisi kesehatan yang dapat merusak ginjal. Ini termasuk diabetes, penyakit jantung, dan penyakit ginjal. Diet sehat yang rendah sodium, daging olahan, dan makanan lain yang merusak ginjal dapat membantu mengurangi risiko kerusakan ginjal. Fokus pada makan bahan-bahan segar yang secara alami rendah sodium, seperti kembang kol, ikan, biji-bijian, dan banyak lagi. 

5. Minum banyak air putih
Tidak ada keajaiban di balik saran klise untuk minum delapan gelas air sehari, tetapi itu adalah tujuan yang baik karena mendorong Anda untuk tetap terhidrasi. Asupan air yang teratur dan konsisten baik untuk ginjal Anda. Air membantu membersihkan natrium dan racun dari ginjal Anda. Ini juga menurunkan risiko penyakit ginjal kronis. Usahakan setidaknya 1,5 hingga 2 liter dalam sehari. Berapa banyak air yang Anda butuhkan sangat tergantung pada kesehatan dan gaya hidup Anda. Faktor-faktor seperti iklim, olahraga, jenis kelamin, kesehatan secara keseluruhan, dan apakah Anda sedang hamil atau menyusui penting untuk dipertimbangkan saat merencanakan asupan air harian Anda. Orang yang sebelumnya memiliki batu ginjal harus minum lebih banyak air untuk membantu mencegah timbunan batu di masa depan.

6. Jangan merokok
Merokok bisa merusak pembuluh darah tubuh Anda. Hal ini menyebabkan aliran darah lebih lambat ke seluruh tubuh Anda dan ke ginjal. Merokok juga menempatkan ginjal Anda pada peningkatan risiko kanker. Jika Anda berhenti merokok, risiko Anda akan turun. Namun, perlu waktu bertahun-tahun untuk kembali ke tingkat risiko seseorang yang tidak pernah merokok. 

7. Waspadai jumlah obat-obatan yang Anda minum 
Jika Anda secara teratur minum obat pereda nyeri yang dijual bebas berpotensi menyebabkan kerusakan ginjal. Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), termasuk ibuprofen dan naproxen, dapat merusak ginjal Anda jika Anda meminumnya secara teratur untuk nyeri kronis, sakit kepala, atau radang sendi. Orang tanpa masalah ginjal yang minum obat sesekali kemungkinan besar akan sembuh. Namun, jika Anda menggunakan obat-obatan ini setiap hari, Anda sama saja mempertaruhkan kesehatan ginjal. Lebih baik bicarakan dengan dokter Anda tentang perawatan yang aman untuk ginjal untuk mengatasi rasa sakit. 

8. Lakukan tes fungsi ginjal jika Anda berisiko tinggi 
Jika Anda berisiko tinggi mengalami kerusakan ginjal atau penyakit ginjal, ada baiknya melakukan tes fungsi ginjal secara teratur. 

Jika Anda termasuk dalam kategori berikut, lebih baik melakukan  pemeriksaan rutin:
- Berusia di atas 60 tahun
-  Lahir dengan berat badan lahir rendah
- Memiliki penyakit kardiovaskular atau memiliki keluarga dengan penyakit tersebut.
- Memiliki tekanan darah tinggi atau keluarga dengan riwayat penyakit yang sama.
- Mengalami obesitas 
- Merasa mengalami kerusakan ginjal 
Tes fungsi ginjal secara teratur adalah cara yang bagus untuk mengetahui kesehatan ginjal Anda. Tindakan ini bisa membantu memperlambat atau mencegah kerusakan ginjal di masa mendatang.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait