Si Dia Betulan Cinta atau Sekedar Nafsu? Ketahui Lewat Tatapan Matanya

Redaksi | 5 November 2022 | 15:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tatapan mata menjadi hal yang penting ketika berkomunikasi dengan seseorang. Namun tak semua tatapan mata memiliki makna yang sama ketika berbicara dengan orang yang dianggap menarik.

Sebuah penelitian yang dijalankan University of Chicago menemukan adanya perbedaan tatapan biasa dengan tatapan jika orang tersebut memang jatuh cinta.

Diungkapkan bahwa "The look of love" atau tatapan cinta merupakan hal yang dapat dibedakan anatara tatapan biasa maupun tatapan yang sekedar dibelenggu hawa nafsu.

Seperti dilansir Counsel Heal, yang membedakan tatapan penuh cinta dengan nafsu terletak pada gerak mata.

Pola gerak mata cenderung fokus pada wajah ketika sedang jatuh cinta. Tetapi jika tengah merasakan hasrat seksual, gerakan mata akan mengarah pada anggota tubuh orang tersebut. Para peneliti menyebut hal ini dapat terjadi hanya dalam waktu setengah detik.

"Meski belum banyak yang terungkap dari topik jatuh cinta pada pandangan pertama atau bagaiaman orang bisa jatuh cinta, pola ini memperlihatkan pertanda awal dari proses perhatian yang terjadi secara otomatis.

Seperti tatapan mata yang dapat memedakan perasaan cinta dan nafsu terhadap seseorang," demikian diungkapkan Stephanie Cacioppo, direktur University of Chicago High-Performance Electrical NeuroImaging Laboratory.

Dalam studi yang pernah dilakukan sebelumnya, Cacioppo juga menemukan bahwa otak memiliki berbagai bagian otak yang aktif ketika merasakan hasrat seksual maupun saat jatuh cinta.

 

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait