Enggak Apa-apa Galau, Dampak Negatif Putus Cinta Berkurang Kok Setelah Waktu Ini

Redaksi | 9 November 2022 | 14:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kita kerap mendengar saran untuk menjaga silaturahmi dengan siapapun termasuk mantan pacar. Namun menurut psikolog klinis dewasa Pingkan Cynthia Belinda Rumondor, mereka yang putus cinta sebaiknya memutus kontak terlebih dulu dengan mantan dan keluarganya segera setelah hubungan asmara kandas. 

Alasannya, mereka yang putus cinta butuh waktu untuk penyesuaian. "Karena Anda perlu memproses kondisi baru sebagai single dan proses ini akan terganggu kalau masih memikirkan atau kontak dengan mantan," ungkap Pingkan. 

Setelah beberapa waktu, biasanya mereka yang putus cinta akan lebih mungkin bersikap netral ketika bertemu kembali dengan mantan. Jeda waktu ini juga dibutuhkan untuk melepas kebiasaan yang dilakukan bersama mantan misalnya kencan setiap seminggu sekali. 

"Bayangkan misalnya ketika kita mengubah kebiasaan menggosok gigi, sebuah tindakan yang enggak pakai emosi saja butuh waktu lama apalagi kegiatan yang melibatkan emosi," Pingkan mencontohkan. 

Lantas berapa lama waktu yang dibutuhkan seseorang yang putus cinta untuk "pulih"? Dikutip dari The Journal of Positive Psychology dengan judul Addition through subtraction: Growth following the dissolution of a low quality relationship, mahasiswa yang jadi responden penelitian umumnya mengalami dampak negatif putus cinta yang berkurang setelah 11 minggu atau 2,5 bulan.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait