Pentingnya Edukasi Pengelolaan Sampah di Lingkungan Rumah

Romauli Gultom | 17 Mei 2017 | 06:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Banyak cara yang bisa dilakukan setiap keluarga untuk meningkatkan kualitas hidup. Salah satunya dengan menjaga kebersihan lingkungan rumah melalui kegiatan pengelolaan sampah yang tepat.

"Kami mengajak masyarakat yang tinggal di Vida Bekasi dan sekitarnya untuk mengelola sampah rumah tangga yang dapat dijadikan budidaya pupuk untuk menciptakan hunian hijau dan konsep kebun di area sekitar hunian," ujar Edward Kusma, Direktur Vida Bekasi dalam gelaran Vidaloka, Minggu (14/5).

Kualitas hidup yang baik, lanjut dia, berawal dari kenyaman di rumah. Untuk menciptakan hunian yang hijau dan pengelolaan sampah, kami bekerja sama dengan lingkungan sekitar, masyarakat dan komunitas.

"Jadi warga di sana diwajibkan mengolah sampah rumah tangga dari rumah dan seminimal mungkin tidak membawa sampah ke luar dari lingkungan perumahan. Lalu, dilanjutkan dengan sistem komposting untuk digunakan sebagai pupuk ternak," ungkapnya.

Sebagai bentuk edukasi bagi masyarakat sekitar Bekasi, dibentuk sebuah wadah interaksi masyarakat yang dinamai Vidaloka.

"Ini merupakan wadah bagi masyarakat untuk bersosialisasi. Hadir beragam kegiatan menarik yang berorientasi pada peningkatan kualitas hidup. Tujuannya adalah menjadi wadah edukasi masyarakat agar membuka wawasan baru, seperti bagaimana mengelola sampah menjadi sebuah karya hingga mengedukasi cara berkebun dan bercocok tanam," jelasnya.

Beragam kegiatan pun digelar mulai dari Zumba, talkshow parenting bersama Rumah Baca Umi, Eduwisata Vida Bekasi bersama Genus Organik dengan memperkenalkan area Farm4Life, serta edukasi pengelolaan sampah bijak bersama Waste4Change.

Melalui serangkaian kegiatan tersebut, Edward berharap masyarakat dapat saling mengenal, berinteraksi satu sama lain dan memiliki perhatian yang sama untuk membangun lingkungan yang berkualitas.

 

(uli/gur)

 

Penulis : Romauli Gultom
Editor: Romauli Gultom
Berita Terkait