Bekraf Cari Desainer Muda Bertalenta

Romauli Gultom Friday, 19 May 2017
Bekraf meluncurkan program seleksi desainer muda Orbit.

TABLOIDBINTANG.COM - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Republik Indonesia meluncurkan sebuah program seleksi desainer muda berbakat yang dinamai Orbit.

Orbit menjadi wadah bagi para desainer muda yang bertalenta agar lebih berkembang secara maksimal, sehingga akan kelak mampu berkontribusi kepada bangsa dan negara melalui profesinya.

Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf menkgatakan, Orbit bukanlah sebuah lomba, tapi seleksi untuk mencari desainer muda Indonesia berbakat.

"Tujuan seleksi ini adalah agar desainer muda di Indonesia tumbuh dan berkembang, sehingga mampu berkontribusi bagi bangsa dan meningkatkan sektor ekonomi kreatif terutama di bidang desain," ujar Triawan Munaf dalam peluncuran Orbit di kawasan SCBD, Jakarta, Selasa (16/5).

Lebih lanjut dia menjelaskan, Bekraf memberikan perhatian besar pada desain karena merupakan sektor yang pas dikembangkan di Indonesia.

Adapun ruang lingkup dari program Orbit ini meliputi seluruh bidang desain yaitu arsitektur, desain interior, komunikasi visual, fashion, tata cahaya, desainer produk, desain tekstil, kriya dan lanskap.

Dari seluruh peserta yang mendaftar program tersebut, akan dipilih 20 orang yang diseleksi oleh para kurator.

Tahap pertama di bulan Juli nominator akan diundang ke Jakarta untuk presentasi dan wawancara. Dilanjutkan tahap kedua pada awal Agustus.

Untuk 20 desainer terpilih akan langsung menjalani program inkubasi dengan tujuan pelatihan dan penyempurnaan maket yang mereka buat.

Sejumlah nama desainer handal diusung menjadi tim kurator diantaranya ada desainer fashion Ali Charisma, Francis Surjaseputra sebagai desain interior, Muhammad Sagitha selaku arsitek dan Kahfiati Kahdar selaku desainer tekstil.

(uli/gur)

Penulis Romauli Gultom
Editor Tubagus Guritno
loading...
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.