5 Fakta Unik Tentang Visa Yang Perlu Anda Ketahui

Wayan Diananto | 1 September 2017 | 19:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Anda punya kartu kredit berlogo Visa? Tahukah Anda apa sebenarnya Visa itu? Ternyata ada banyak fakta menarik di balik logo Visa yang menempel di kartu kredit Anda. Visa merupakan perusahaan teknologi pembayaran global. Perusahaan ini baru saja merilis Consumer Payment Attitudes Study 2016. Penelitian itu mengungkap fakta bahywa saat ini 80 persen masyarakat Indonesia lebih suka menggunakan kartu pembayaran elektronik dibandingkan uang tunai.

Jumlah masyarakat yang lebih suka menggunakan kartu, termasuk kartu kredit, meningkat dari 69 persen pada 2015. Penelitian itu juga membuka fakta bahwa saat ini 34 persen masyarakat Indonesia hanya membawa sedikit uang tunai dibandingkan dengan lima tahun sebelumnya. Mereka lebih suka memakai kartu pembayaran (71 persen) dan menganggap bahwa membawa uang tunai tak lagi aman (59 persen).

Selain itu, sekitar 53 persen responden mengaku saat ini memiliki lebih banyak kartu pembayaran dibandingkan dengan lima tahun lalu. President Director of PT Visa Worldwide Indonesia Harianto Gunawan meyakini, "Tren nontunai didorong oleh konsumen yang mendamba alat bayar yang aman, cepat, dan lancar. Masalah keamanan salah satu penyebab masyarakat berpindah ke kartu pembayaran eletronik seperti kartu debit, kartu kredit, ATM, dan uang elektronik."

Metode pembayaran khususnya di kawasan Asia Tenggara – termasuk di Indonesia – mengalami perkembangan pesat dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. "Inovasi teknologi, akses internet yang makin luas, serta makin banyaknya masyarakat yang memiliki perangkat mobile merupakan hal yang mendorong perkembangan pesat dalam melakukan transaksi pembayaran termasuk memakai kartu kredit," ujar Harianto di Grand Hyatt Jakarta, pekan ini.

Dalam kesempatan itu, dibeberkan 5 fakta soal Visa. Berikut 5 fakta yang menarik untuk diketahui:

  1. Ada 3,1 miliar kartu Visa yang digunakan di seluruh dunia hingga 31 Desember 2016.

  2. Ada 65.000 pesan transaski terjadi setiap detik di seluruh dunia menggunakan kartu berlogo Visa.

  3. Hingga pertengahan tahun lalu, Visa memiliki 2,6 juta ATM di seluruh dunia.

  4. Kuartal pertama tahun ini (Januari hingga Maret 2017), Visa membukukan total transaksi senilai 151,9 miliar dollar AS dari seluruh dunia.

  5. Visa menjadi perusahaan penyedia jaringan pembayaran elektronik retail terbesar di seluruh dunia dengan jumlah transaksi mencapai 9,5 triliun dolar Amerika Serikat selama empat kuartal terakhir yang berakhir pada 31 Maret 2017. Transaksi bombastis itu melibatkan 160 mata uang dari seluruh dunia.

( wyn / wyn )

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait