Duh, Minat Baca Orang Indonesia Peringkat Ke-60 dari 61 Negara

Wayan Diananto | 2 Oktober 2017 | 03:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Minat membaca masyarakat mempengaruhi kualitas suatu negara. Sayangnya, minat membaca masyarakat Indonesia masih sangat memprihatinkan. Bayangkan, untuk urusan minat membaca Indonesia berada di peringkat ke-60 dari 61. Indonesia berada di bawah Thailand (peringkat ke-59) dan hanya berada di atas negara Bostwana yang menduduki posisi juru kunci.

Pemeringkatan tersebut merupakan studi yang dilakukan Central Connecticut State University tahun lalu, lewat penelitian bertajuk "Most Literate Nation In the World". Fakta dan data ini menggerakan sejumlah pihak di Tanah Air untuk meningkatkan literasi membaca sejak dini. Salah satunya dengan pembagian buku bacaan kepada anak-anak marginal di bawah binaan Yayasan Sahabat Anak, Jakarta.

Salah satu pihak yang terketuk untuk merangsang minat baca anak Indonesia adalah asuransi Jagadiri. Asuransi Jagadiri menggelar program "Berbagi Tanpa Beban", dengan mendonasikan ratusan buku bersama para netizen kepada anak-anak binaan di Sekolah Non Formal Yayasan Sahabat Anak. Ratusan buku yang telah terkumpul akan dibagikan bersama dengan ratusan paket hampers kepada anak-anak binaan YSA.

"Selain itu kami melakukan permainan edukatif bersama adik-adik dan para guru serta pendamping di YSA. Kami ingin mengingatkan kembali bahwa membaca sangat penting," terang Manager of Strategic Marketing PT Central Asia Financial, Riccardo Frederik, di Jakarta pada pengujung September kemarin. Aksi ini dilancarkan pada September bertepatan dengan Bulan Gemar Membaca yang dicanangkan pemerintah Indonesia sejak 1995.

( wyn / wyn )

 

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait