4 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Berlian

Wayan Diananto | 21 Oktober 2017 | 17:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Berlian adalah sahabat terbaik wanita. Begitu, pepatah lawas mengatakan. Masalahnya, membeli berlian itu gampang-gampang susah. Agar tak tertipu dengan berlian abal-abal, Anda mesti jeli memperhatikan barang mewah ini dari berbagai aspek.

Hal tersebut terungkap dalam "Diamond Talk: Variasi Perhiasan Berlian" di Jakarta, pekan ini. Hadir sebagai narasumber, COO PT Central Mega Kencana, Petronella Soan, Diamond Expert Gemological Institute of America, Devi Cahyadi, dan Patricia Gunawan. Ada empat hal yang mesti Anda perhatikan saat belanja berlian yakni 4C.

  1. Cut (asahan)

    "Di samping mencermati bentuk, kualitas asahan berlian yang baik dapat dilihat dari cara berlian itu memantulkan cahaya. Ketelitian dalam pengerjaan amat dibutuhkan agar bisa menghasilkan asahan dengan proporsi, simetri, sekaligus polesan yang dapat memantulkan sinar. Ini menentukan keindahan dan nilai suatu berlian," urai Devi.

    Proporsi menjadi standar utama yang digunakan dalam mengevaluasi seberapa baik hasil potongan berlian. Dengan proporsi pula, Anda dapat melihat cara berlian berinteraksi dengan cahaya. Proporsi terbagi menjadi tiga yakni kecerahan (cahaya putih internal dan eksternal yang terpancar dari berlian), api (terangnya cahaya putih ke semua warna pelangi, dan kilat (jumlah kilau yang dihasilkan berlian).

  2. Color (warna)

    Kualitas warna didasarkan pada tidak adanya warna yang tampak pada berlian. Semakin jernih dan sedikit warna yang terlihat, semakin tinggi kualitas berlian. Ia dianggap sempurna jika tidak memiliki rona warna, bersih, dan semurni tetes air.

  3. Clarity (kejernihan)

    "Kejernihan yang dimaksud merujuk pada tidak adanya noda atau cacat pada berlian. Tidak ada berlian yang sempurna. Namun semakin bersih suatu berlian, semakin tinggi nilainya," Devi menukas. Penilaian kejernihan berlian terbagi dalam 6 kategori. Tiap kategori diukur pada 10 kali pembesaran. Pertama, flawless (tidak ada cacat atau noda. Kedua, internally flawless (tidak ada cacat). Ketiga, very, very slightly included (kecacatan sangat sedikit dan sulit dilihat). Keempat, very slightly included (kecacatan dapat dilihat jika sangat teliti). Kelima, slightly included (kecacatan terlihat pada 10 kali pembesaran). Keenam, included (kecacatan terlihat jelas).

  4. Carat (berat karat)

    Penghitungan karat didefinisikan sebagai 200 miligram per karat.

( wyn / wyn )

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait