5 Faktor Penyebab Flek Hitam pada Kulit

Mentari Chairunisa Selasa, 14 November 2017 11:00:00
Kulit wajah (ilustrasi: Deposit Photos)

TABLOIDBINTANG.COM - Memiliki pesona gara-gara kulit wajah bersih dan berseri tentunya impian para perempuan. Terlebih lagi kulit yang bersih juga menandakan kondisi kulit Anda sehat dan terawat. Sayangnya, ada saja masalah kulit yang sering timbul dan sulit dihilangkan, seperti flek hitam.

Flek hitam merupakan masalah hiperpegmentasi pada kulit yang memunculkan bercak hitam atau kecokelatan. Flek diakibatkan penumpukan melanin yang biasanya muncul di wajah daerah sekitar pipi dan hidung, bahkan beberapa ada tebal dan ada pula yang tipis.

Selain faktor genetik, ada beberapa faktor penyebab munculnya flek hitam di wajah :

1. Sinar matahari
Paparan sinar matahari yang mengandung ultraviolet (UV) merupakan penyebab utama timbulnya flek pada wajah. Karena itu, penting untuk mengaplikasikan cream pelindung dari sinar UV setiap hari saat akan beraktivitas. Cream pelindung harus di lengkapi dengan SPF dan paling penting adalah dengan PA ++ (tanda plus ini menandakan tingkat perlindungan terhadap UV-A. Makin banyak tanda + nya berarti makin tinggi tingkat perlidungannya ) jadi sangat di sarankan untuk pemakaian cream pelindung wajah dari sinar matahari yang memiliki SPF dengan angka tidak kurang dari 30 dan dengan tanda plus dua. Sebab, radiasi sinar UV, khususnya UV-A dapat tembus ke berbagai objek, termasuk kaca jendela atau kaca mobil. Dan tentunya gunakan juga cream pelindung wajah dari sinar matahari yang sudah teregistrasi di BPOM dan memiliki logo halal agar tidak lagi perlu khawatir akan efek jangka panjang untuk kulit wajah kita.

2. Perubahan Hormonal
Pada perempuan, perubahan hormonal cenderung signifikan terjadi saat masa kehamilan. Perubahan ini diakibatkan karena tubuh akan memproduksi lebih banyak hormon, seperti estrogen, progesteron, dan Melanocyte-stimulating Hormone (MSH). Peningkatan produksi hormon-hormon tersebut juga berpengaruh pada meningkatnya produksi melanin.

3. Pil KB
Meski tidak semua perempuan mengalami efek yang sama, namun mengonsumsi pil KB merupakan salah satu faktor penyebab timbulnya flek hitam. Kandungan estrogen dan progesteron dalam pil KB akan membuat produksi melanin meningkat.

4. Stres
Stres banyak menimbulkan efek negatif pada tubuh, termasuk kulit. Saat pikiran sedang terbebani, tubuh akan melepaskan hormon MSH yang berpengaruh pada pigmentasi kulit. MSH akan melepaskan butir-butir melanin yang mengakibatkan munculnya flek.

5. Kosmetik dan Obat-obatan
Flek hitam juga dapat muncul akibat penggunaan kosmetik dan obat-obatan yang mengandung fototostik atau fotoalergik, seperti yang ada pada obat anti kejang dan beberapa jenis sunscreen. Kandungan merkuri juga turut andil menyebabkan flek hitam. Pencegahan flek hitam juga akan lebih maksimal dengan menggunakan rangkaian skin care yang baik, seperti rangkaian Melanox Premium.

Melanox premium hadir dalam rangkaian produk yang bisa digunakan setiap harinya karena tidak mengandung zat kimia berbahaya, sudah teregistrasi BPOM dan halal. Mulailah dengan menggunakan Melanox Facial Cleansing Gel yang mengandung ekstrak lemon, pepaya, green tea, dan oat beta glucan. Gel pembersih ini berfungsi  mengangkat kotoran serta memberikan efek elastis atau kenyal pada kulit wajah.

Setelahnya, gunakan skin toner dari Melanox premium untuk membantu mengangkat sisa-sisa kotoran yang tidak terjangkau saat cuci muka. Toner ini juga berfungsi menutup pori-pori yang terbuka ketika cuci muka dan produk ini memiliki kemasan yang unik yaitu spray atau semprot sehingga ketika pemakaian tidak perlu repot hanya semprotkan ke wajah dan rasakan sensasi “nyes” nya ke kulit wajah.

Gunakan Melanox premium Serum dengan kandungan vitamin E, vitamin B3, C-bright yang berfungsi untuk mencerahkan kulit wajah, retinol (vitamin A), serta ekstrak lidah buaya yang dapat mencerahkan warna kulit wajah serta membantu memudarkan flek hitam. Dan gunakan melanox premium cream yang juga berfungsi untuk mencerahkan Langkah terakhir untuk siang hari, gunakan Melanox Skin UV Protector dengan SPF 30  dan PA ++ yang akan melindungi kulit dari paparan sinar UV-A dan UV-B dan sudah teruji klinis bahwa tidak menyebabkan jerawat.

Rangkaian produk Melanox premium series hadir untuk mengerti kebutuhan kulit wajah anda, miliki kulit cerah, bersih, dan katakan good bye pada flek hitam!

Penulis Mentari Chairunisa
Editor Panditio Rayendra
loading...
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.