Perhatikan 3 Hal Ini Sebelum Menggunakan Aplikasi Pencarian Jodoh

Agestia Jatilarasati | 26 Februari 2018 | 05:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Jika Anda telah mantap memutuskan untuk menggunakan aplikasi pencarian jodoh, pahami dulu cara kerjanya.

Waspadai oknum yang mungkin saja memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan melalui aplikasi tersebut.

Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih pasangan via aplikasi kencan:

1.  Jangan Beri Tahu Data Penting

Hal pertama yang dilakukan ketika mendaftar kencan via aplikasi adalah mengisi biodata mulai nama lengkap, tanggal lahir, hobi, hingga profesi. Namun, kadang ada pula yang menuliskan alamat rumah secara lengkap atau nomor telepon rumah.

Menurut psikolog sekaligus profesor di Universitas Michigan, Terri Orbuch, Ph.D, data pribadi seperti nomor rumah atau alamat rumah akan menjadi informasi penting yang rentan disalahgunakan oleh orang lain.

“Jangan berikan informasi alamat rumah, nomor rumah, dan kantor sekalipun. Jika ingin berkomunikasi secara lebih mendalam maka berikanlah nomor telepon seluler saja. Setelah itu, jika memang Anda telah menemukan orang yang benar-benar serius, maka Anda baru boleh memberikan data-data tersebut,” ia menyarankan.

2. Stalking Sebelum Bertemu

Setelah mengobrol banyak dengan calon jodoh potensial dan Anda merasa cocok, maka langkah selanjutnya menyelidiki semua informasi si dia entah dari media sosial atau dari obrolan yang dilakukan. “Saya menyarankan, setidaknya menunggu selama satu minggu sebelum memutuskan untuk bertemu langsung. Selama waktu itu, Anda bisa mencari tahu seputar identitas dan kecocokan kalian. Pembicaraan via chat atau telepon juga bisa memberi Anda informasi tentang seperti apa sifat dan perilaku si dia,” terang Terri.

3. Bertemu di Tempat Ramai

Jika serangkaian penelusuran memberi tahu bahwa si dia calon yang potensial, maka waktunya Anda bertemu dan memulai obrolan secara langsung. Aturlah pertemuan di tempat ramai untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan. 

“Jangan biarkan si dia menjemput atau mengantar Anda sampai ke rumah. Sekali lagi, Anda masih belum bisa memercayai sepenuhnya hanya lewat percakapan. Sampaikan pula kepada teman atau keluarga Anda tentang rencana kencan tersebut bahkan Anda bisa meminta mereka untuk mengantar atau menjemput untuk memberi tanda bahwa Anda selalu dilindungi,” tutupnya.

(ages / gur)

Penulis : Agestia Jatilarasati
Editor: Agestia Jatilarasati
Berita Terkait