Cara Berhemat dengan Mengurangi Pengeluaran Kecil yang Menguras Penghasilan (1)

Rizki Adis Abeba | 21 April 2018 | 04:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - David Bach, penasihat sekaligus penulis buku keuangan asal New York, AS, mengungkapkan, banyak orang tidak menyadari ada pengeluaran-pengeluaran kecil yang tanpa disadari sebenarnya menguras sebagian besar penghasilan setiap bulan. Ia menyebutnya, faktor latte. 

Menurut David Bach, Anda akan menghemat banyak uang jika bisa mengidentifikasi dan mengurangi pengeluaran-pengeluaran kecil yang tidak disadari menguras penghasilan setiap bulan, seperti beberapa faktor berikut ini. 

Makan di restoran

Tren wisata kuliner dan mengunggah foto-foto makanan membuat kebiasaan makan di luar rumah semakin tinggi. Hasil survei aplikasi jajak pendapat daring, Jakpat, pada 2016 terhadap 1.623 anak muda milenial di Indonesia mengemukakan, 64 persen responden makan di restoran sekali sebulan dan 30 persen satu hingga lima kali sebulan—angka terakhir bisa jadi bertambah saat ini.

Lalu 48 persen menghabiskan 50-100 ribu rupiah sekali makan, 32 persen lebih dari 100 ribu rupiah, dan hanya 19 persen yang mengeluarkan kurang dari 50 puluh ribu rupiah. Artinya, dengan mengurangi rutinitas makan di restoran satu kali saja dalam sebulan, Anda hemat sekitar 50-100 ribu rupiah, lo!

Biaya transaksi antarbank

Berdasarkan hasil survei situs belanja daring ShopBack Indonesia pada Desember 2017, 2 dari 5 orang Indonesia membeli produk secara online setelah melihat produk itu di toko offline.

Tingginya transaksi belanja online, ditambah kecenderungan generasi milenial menyukai pembayaran nontunai, dibarengi tingginya transaksi transfer ke rekening bank.

Untuk transfer antarbank, Anda terkena biaya transfer sebesar 6.500 rupiah per transaksi. Terkesan sedikit, tapi coba perhatikan berapa kali dalam sebulan Anda melakukan transfer antarbank?

Ongkos kirim belanja online

Kebiasaan berbelanja daring juga berkaitan dengan pengeluaran untuk ongkos kirim barang.

Untuk menghemat, minimalkan ongkos kirim dengan memilih toko online yang letaknya satu kota dengan tempat tinggal Anda.

Atau pilihlah platform belanja online yang memberikan fasilitas bebas ongkos kirim untuk mengurangi faktor latte dalam pengeluaran bulanan Anda.

bersambung

(riz / gur)

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor: Rizki Adis Abeba
Berita Terkait