10 Peraturan Sehari-hari yang Harus Dipatuhi Permaisuri Camilla Parker Bowles

Redaksi | 22 November 2022 | 12:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Camilla Parker Bowles menjadi Permaisuri Britania Raya setelah Charles naik menjadi raja. Sebagai istri raja dan anggota senior kerajaan, berikut adalah 10 peraturan yang harus diikuti oleh Camilla.

1. Camilla Parker Bowles harus membungkuk kepada raja

Sebagai Permaisuri, Camilla tidak lagi diharuskan untuk memberi hormat kepada anggota keluarga kerajaan lainnya. Namun, dia masih harus membungkuk kepada raja sebagai tanda penghormatan.

2. Harus berjalan di belakang Raja Charles

Penggemar kerajaan mungkin ingat bahwa mendiang Pangeran Philip selalu berjalan beberapa langkah di belakang Ratu Elizabeth II setiap kali mereka terlihat bersama di depan umum. Ini adalah tanda hormat, dan aturan yang sama kini berlaku untuk Camilla.

Sebagai Permaisuri, dia harus selalu berjalan di belakang suaminya. Pada hari-hari pertama pemerintahannya pada September 2022, Charles terlihat berjalan di luar Istana Buckingham dengan Camilla beberapa langkah di belakangnya.

3. Tak lagi memperbarui akun media sosial Clarence House

Ketika masih menjadi Duchess of Cornwall, Camilla tinggal di Clarence House bersama Charles dan mereka sering berbagi pembaruan di akun Instagram resmi Clarence House.

Setelah Ratu meninggal, Charles serta Camilla menjadi Raja dan Permaisuri dan pindah ke Istana Buckingham. Ini membuat mereka berhenti memperbarui akun media sosial Clarence House.

4. Tidak boleh memperlihatkan kemesraan

Prince dan Princess of Wales yang baru, Pangeran William dan Kate Middleton, kerap melanggar protokol soal menunjukkan kemesaraan di depan umum. Sementara Pangeran Harry dan Meghan Markle pada dasarnya mengabaikan protokol tersebut, baik sebelum dan sesudah berhenti dari Kerajaan Inggris.

Charles dan Camilla sendiri tidak pernah menjadi orang yang menunjukkan kasih sayang di depan umum. Jadi, aturan ini tidak akan banyak mempengaruhi mereka. 

5. Camilla kini menjadi penasihat negara

Seperti yang dijelaskan situs web resmi keluarga kerajaan, jika Raja untuk sementara tidak dapat melakukan tugas resminya karena sakit atau pergi ke luar negeri, maka ada Penasihat Negara ditunjuk untuk menggantikan tugas Yang Mulia Raja sementara waktu.

Sebagai Permaisuri, Camilla bertugas sebagai Penasihat Negara bersama dengan empat bangsawan (di atas usia 21) yang berada dalam garis suksesi seperti Pangeran William, Pangeran Harry, Pangeran Andrew, dan Putri Beatrice.

"Penasihat Negara diberi wewenang untuk melakukan sebagian besar tugas resmi raja, misalnya, menghadiri pertemuan Dewan Penasihat, menandatangani dokumen rutin, dan menerima kredensial duta besar baru untuk Inggris Raya," demikian bunyi situs web kerajaan.

Camilla Parker Bowles dan Pangeran Harry. (Instagram)

6. Harus selalu mengemas pakaian hitam saat bepergian ke luar negeri

Ini adalah aturan gelap untuk keluarga kerajaan, tapi dibuat karena kebutuhan. Ketika Raja George VI meninggal mendadak pada Februari 1952, putrinya, Elizabeth, sedang melakukan tur kerajaan ke Afrika.

Elizabeth kemudian terbang pulang, tetapi tidak membawa pakaian hitam. Jadi, ketika tiba di London, staf istana masuk ke pesawatnya dan dia berganti pakaian hitam tanda berkabung dii sana.

Sekarang, setiap kali anggota senior keluarga kerajaan — seperti Permaisuri — bepergian ke luar negeri, mereka harus mengemas pakaian hitam untuk berjaga-jaga jika raja meninggal saat mereka pergi.

7. Tidak boleh selfie atau memberi tanda tangan 

Anggota keluarga kerajaan sering bertemu dengan anggota masyarakat saat menjalankan tugas mereka, dan mereka pasti kerap berjumpa dengan penggemar yang ingin selfie. Namun, Permaisuri dan aggota keluarga kerajaan hanya diperkenankan menjabat tangan dan menyapa mereka. Memotret selfie dengan permaisuri tidak diperbolehkan.

Permaisuri juga tidak boleh memberi tanda tangan - meskipun sering diminta - karena risiko pemalsuan tanda tangan. Camilla hanya boleh menandatangani dokumen resmi yang sebelumnya disahkan oleh raja.

8. Tidak diperbolehkan menggunakan istilah-istilah tertentu

Bahasa Inggris ala kerajaan yang tepat diperlukan sebagai Permaisuri, menurut buku Watching the English: The Hidden Rules of English Behavior yang ditulis Kate Fox. Artinya, ada kata-kata tertentu yang tidak boleh diucapkan Camilla.

Salah satu kata yang dilarang adalah “toilet” karena berasal dari bahasa Prancis, jadi istilah yang tepat adalah “lavatory” atau “loo”. Fox juga mencatat bahwa Camilla tidak menyebut makan malam sebagai "tea" karena kata yang tepat untuk seorang bangsawan adalah "dinner" atau "supper".

9. Permaisuri tak diperbolehkan ikut pemilu

Anggota keluarga kerajaan tidak diperbolehkan untuk membagikan pendapat politik mereka kepada publik, dan mereka harus tetap netral dalam urusan pemerintahan Inggris. Berdasarkan konvensi, Permaisuri dilarang pergi ke kotak suara untuk pemilihan politik apa pun. Anggota keluarga kerajaan juga dilarang mencalonkan diri untuk jabatan politik

10. Camilla harus menerima semua hadiah

Tidak peduli apakah dia mau atau tidak, Camilla harus dengan anggun menerima semua hadiah yang diberikan kepadanya oleh simpatisan ketika dia menyapa orang banyak dan menghadiri acara resmi. Aturan ini berlaku untuk semua anggota keluarga kerajaan yang bekerja senior.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait