Sikap Sok Bintang Hampir Membuat Leonardo DiCaprio Gagal Bintangi Titanic

Indra Kurniawan | 23 November 2022 | 23:00 WIB

Leonardo DiCaprio meraih popularitas berkat kesuksesan film Titanic (1997) yang disutradarai oleh James Cameron. Beradu peran dengan Kate Winslet, akting Leo benar-benar menghipnotis penonton. 

Namun menurut Cameron, ia hampir mengucapkan terima kasih kepada Leo saat audisi untuk karakter Jack Dawson.  Semua karena sikap seperti bintang dari Leonardo yang saat itu berusia 22 tahun.

Kejadian tersebut diungkap oleh Cameron dalam sebuah wawancara dengan GQ. Ia mengatakan Winslet telah dipilih, tetapi audisi DiCaprio tidak ada.

"Ketika Leo masuk, dia memikat semua orang, termasuk saya. Dan saya berkata, 'Baiklah, mari kita lihat seperti apa chemistry-nya dengan Kate,'" ungkap Cameron, yang ingin melihat seperti apa chemistry di antara keduanya sebelum membuat keputusan tentang pemeran utama prianya.

"Tapi kemudian dia berkata, 'Tunggu, maksudmu aku harus mengikuti audisi dengan membaca? Karena aku tidak membaca.' Jadi saya menjabat tangannya dan berterima kasih padanya karena datang ke audisi," tambahnya. 

"Dia bilang, 'Tunggu, tunggu, tunggu, tunggu. Maksudmu jika aku tidak membaca, aku tidak mendapatkan bagiannya? Begitu saja?'"  lanjut sutradara. 

"Dan saya berkata, 'Ini adalah film besar yang akan memakan waktu dua tahun dalam hidup saya, jadi saya tidak akan mengacaukannya dengan membuat keputusan casting yang salah. Jadi Anda akan membaca, atau Anda  tidak akan mendapatkan bagiannya," jelasnya.

Pada akhirnya, meski dengan enggan, DiCaprio mengikuti audisi dengan membaca naskah bersama Kate. 

"Ingat Cameron bahwa Leo... rumit. Setiap ons keberadaannya sangat negatif, sampai saya berkata, 'Tindakan!' Pada saat itu dia menjadi Jack," kata Cameron. 

"Kate bersemangat, dan mereka langsung masuk ke tempat kejadian," jelasnya.  "Awan gelap telah terbuka, dan sinar matahari ini turun dan menerangi Jack. Saya berkata pada diri sendiri, 'Baiklah, itu orangnya.'"

Titanic pada saat itu menjadi film dengan pendapatan tertinggi dalam sejarah, memenangkan 11 Academy Awards dan menjadikan dua pemeran utamanya sebagai bintang yang laris manis di industri film Hollywood.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait