Kisah Legenda Hollywood Elizabeth Taylor, Delapan Kali Menikah dengan 7 Pria Berbeda

| 8 Desember 2022 | 12:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Dalam buku biografi terbarunya, Elizabeth Taylor: The Grit & Glamour of an Icon yang ditulis Kate Andersen Brower, terungkap sisi suram kehidupan salah satu legenda Hollywood mendiang Elizabeth Taylor. Dia disebut berjuang melawan kecanduan alkohol dan obat-obatan selama hidupnya.

Elizabeth Taylor, atau lengkapnya Dame Elizabeth Rosemond Taylor DBE, kelahiran 27 Februari 1932 dan meninggal 23 Maret 2011, tercatat sebagai salah aktris Hollywood terpopuler sepanjang masa. Aktris Inggris-Amerika ini memulai karir sebagai aktris cilik pada awal 1940-an dan menjadi salah satu bintang paling populer Hollywood pada 1950-an. Dia juga bintang film dengan bayaran tertinggi di dunia pada 1960-an, dan figur publik terkenal selama sisa hidupnya. 

Di antara deretan film yang pernah dibintangi, perannya dalam Cleopatra (1963) salah satu yang paling dibicarakan. Bukan cuma karena keelokan parasnya, atau sukses besar film itu, tapi juga karena skandal percintaanya dengan lawan mainnya, aktor Richard Burton. Menurut sejarawan film Alexander Doty, dikutip dari wikipedia, film epik sejarah ini membuat Elizabeth Taylor makin terkenal dan menjadi bintang film pertama yang dibayar 1 juta dolar untuk satu peran.

Selain film yang dibintangi, Elizabeth Taylor juga menyita pemberitaan media lewat kisah cinta dan perkawinannnya. Dia pernah 8 kali menikah dengan 7 pria berbeda. Sungguh perjalanan hidup yang penuh warnah.

Elizabeth Taylor pertama kali menikah dengan Conrad Hilton Jr., pewaris jaringan Hilton Hotels, di Church of the Good Shepherd di Beverly Hills pada 1950 saat berusia berusia 18 tahun. Pernikahan digelar dengan mewah dan mendapat liputan media besar-besaran. Tapi hanya dalam hitungan minggu setelah pernikahan, Elizabeth Taylor menyadari telah melakukan kesalahan. Tidak hanya memiliki sangat sedikit kesamaan minat, suaminya juga kasar dan peminum berat. Pernikahan ini hanya bertahan 8 bulan dan mereka bercerai.

Elizabeth Taylor lalu menikah lagi dengan aktor Michael Wilding yang 20 tahun lebih tua pada 1952. Dari pernikahan ini dia memiliki 2 anak. Seiring bertambahnya usia dan kepercayaan diri yang makin tumbuh, dia mulai menjauh dari Wilding, yang kariernya gagal. Mereka mengumumkan perpisahan pada 1956 dan bercerai pada 1957

Suami ketiga Elizabeth Taylor adalah produser teater dan film Mike Todd. Kematian Mike Todd dalam kecelakaan pesawat pada 1958 membuat hati Elizabeth Taylor hancur dan kembali menjanda. Saat berduka ditinggal suami itulah dia mulai dekat dengan penyanyi Eddie Fisher. Saat hubungan makin dekat, media pun memberitakan dengan heboh karena Eddie masih terikat pernikahan dengan aktris Debbie Reynolds. Perselingkuhan mereka menjadi skandal publik, dan Elizabeth Taylor dicap sebagai perusak rumah tangga orang. Tapi mereka akhirnya benar-benar menikah pada 1959. Belakangan Elizabeth Taylor menyatakan bahwa dia menikah hanya karena kesedihan.

Saat syuting film Cleopatra pada 1962, Elizabet Taylor mulai dekat dengan lawan mainnya, aktor Richard Burton. Sama seperti dirinya, saat itu Richard Burton juga terikat pernikahan. Gosip perselingkuhan pun jadi berita heboh di media. Elizabeth menikah dengan Richard Burton pada 1961 hanya beberapa hari setelah bercerai dengan Eddie Fisher. Dijuluki Liz and Dick oleh media, Elizabeth Taylor dan Richard menjadi pasangan selebriti yang sering jadi berita. Mereka membintangi 11 film bersama, dan menjalani gaya hidup kelas atas dan menghabiskan jutaan dolar untuk bermewah-mewah. Tapi kisah cinta penuh gelora ini juga tak berhatan lama. Mereka bercerai pada 1974, tapi kemudian menikah lagi setahun kemudian. Pernikahan kedua ini sayangnya juga tak berlangsung lama, kurang dari setahun, berakhir dengan perceraian pada Juli 1976. Hubungan Taylor dan Burton sering disebut sebagai perkawinan abad ini oleh media. "Setelah Richard, pria dalam hidup saya hanya ada di sana untuk memegang mantel, untuk membuka pintu," katanya satu kali.

Tak lama setelah bercerai dari Richardd Burton, Elizabeth Taylor bertemu suami keenamnya, John Warner, seorang politisi. Mereka menikah pada 1976. Setelah Warner terpilih menjadi anggota Senat, dia mulai menemukan hidupnya sebagai istri politisi sebagai membosankan dan kesepian. Dia menjadi depresi, kelebihan berat badan, dan semakin kecanduan obat dan alkohol. Elizabet Taylor berpisah dengan Warner pada 1981, dan bercerai setahun kemudian. 

Kembali sendiri setelah bercerai dari Warner, Elizabeth Taylor sempat berkencan dengan aktor Anthony Geary, bertunangan dengan pengacara Meksiko Victor Luna, juga dengan pengusaha New York Dennis Stein. Pernikahan ketujuh dan yang terakhir dengan pekerja konstruksi Larry Fortensky. Mereka menikah di Neverland Ranch milik mendiang Michael Jackson pada 1991. Saat pertama bertemua Elizabeth Taylor berusia 59 tahun, sedang Larry Fortensky 20 tahun lebih muda. Pernikahan itu kembali mendapat perhatian besar media. Elizabeth Taylor bahkan disebut menjual foto pernikahannya ke majalah People seharga 1 juta dolar. Uang itu kemudian dia gunakan untuk memulai yayasan AIDS yang dia dirikan. Meski kemudian juga bercerai, hubungan pasangan ini tetap terjalin baik sampai akhir hayatnya. Sehari sebelum meninggal pada 23 Maret 2011, Elizabeth Taylor bahkan masih sempat menelepon Larry Fortensky.

Penulis :
Editor:
Berita Terkait