Sosok Putri Margaret dalam Serial The Crown, Sungguh Tak Mudah Jadi Adik Ratu

Redaksi | 26 Januari 2023 | 16:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sungguh tak mudah jadi adik Ratu Inggris, setidaknya begitu yang digambarkan seputar sosok Putri Margaret dalam serial The Crown yang menceritakan kisah Ratu Elizabeth II. Saat kecil Putri Margaret merasa sebagai anak kesayangan ayahnya, Raja George VI. Dia juga merasa lebih pintar, lebih berani dibanding kakaknya, dan karena itu dia juga pantas menjadi Ratu. Tapi tentu saja itu tidak mungkin. Elizabeth sebagai anak pertama yang berhak diangkat menjadi Ratu Inggris saat Raja George VI meninggal mendadak pada 6 Februari 1952. Elizabeth, kelahiran 21 April 1926 dinobatkan sebagai Ratu pada 6 February 1952 di usia 26 tahun dan bertahta sampai akhir hayatnya, 8 September 2022. 

Tak hanya dalam urusan peran dalam kerajaan, kehidupan percintaan Putri Margaret juga tak mudah. Saat remaja dia jatuh cinta pada sekretaris pribadi ayahnya, Kapten Peter Townsend. Pria ini bukan saja jauh lebih tua, tapi juga sudah menikah dan punya anak. Hubungan mereka sempat jadi gosip di lingkungan kerajaan. Saat Kapten Peter Townsend akhirnya bercerai dengan istrinya, Putri Margaret berharap bisa menikah dengan pria pujaannya itu. Untuk itu dia meminta restu dari kakaknya, Ratu Elizabeth. Semula Ratu setuju, tapi setelah mendengar pertimbangan dari berbagai pihak, Ratu meminta pernikahan ditunda. Belakangan Kapten Peter bahkan dikirim bertugas ke luar negeri, yang membuat Margaret marah pada Ratu. Menikah dengan dua atau janda yang mantannya masih hidup, tampaknya menjadi hal perlu dihindari oleh keluarga kerajaan pada masa itu. Apalagi pihak gereja juga tak mendukung. Hubungan Putri Margaret dan Kapten Peter Townsend pun sempat terkatung-katung untuk waktu lama. Sampai satu ketika, Peter mengirim surat dan mengabarkan kalau dia bertemu wanita lain dan akan menikah.

Putri Margaret yang patah hati makin marah pada Ratu yang dianggap menghalangi hubungannya dengan Peter. Dia merasa Ratu tersaingi karena hubungannya dengan Peter mendapat publikasi luas. Saat dalam kebimbangan karena masalah asmara, Putri Margaret berkenalan dengan fotografer Antony Armstrong-Jones. Setelah menjalin hubungan yang penuh gelora, pasangan ini menikah. Mereka dikaruniai dua anak. Di The Crown anak-anak Putri Margaret tidak diceritakan. Tapi pernikahan yang awalnya penuh gelora, perlahan mulai padam. Di serial The Crown, Antony Armstrong-Jones diceritakan berselingkuh dengan wanita yang lebih muda. Tak mau kalah, Putri Margaret membalas, juga berselingkuh dengan pria muda. Pasangan yang menikah pada 1960 ini, bercerai tahun 1978.

Kalau masa mudahnya penuh dengan aneka gejolak asmara, di masa tua Putri Margaret digambarkan sebagai sosok yang lebih tenang. Tapi soal merasa bisa berperan lebih besar dibanding Ratu, sesekali masih muncul. Dia masih berharap diberi peran lebih banyak untuk mewakili Ratu di acara-acara tertentu. Putri Margaret juga diceritakan sering memberi info atau gosip seputar kehidupan pribadi keluarga kerajaan pada Ratu. Soal tahu info lebih dulu, ini sudah terjadi sejak Ratu Ratu Elizabeth dan Putri Margaret masih sama-sama muda.

Putri Margaret digambarkan sebagai perokok berat. Nyaris tak ada adegan yang tak memperlihatkan dia sedang merokok. Satu ketika mengalami batuk darah. Margaret menjalani operasi paru-paru. Setelah sakit dia sempat berhenti merokok selama beberapa waktu. Bahkan ada dialog yang mengatakan dia akan menjauhi beberapa hal, salah duanya rokok dan alkohol. Tapi di The Crown dia dilukiskan kembali pada kebiasaan lamanya sebagai perokok. Dalam kehidupan nyata, Putri Margaret meninggal pada 9 Februari 2002 di usia 71 tahun, setelah beberapa kali mengalami serangan stroke.

Sosok Putri Margaret di The Crown diperankan oleh beberapa artis, menyesuaikan dengan usia tokoh aslinya. Margaret muda diperankan Vanessa Kirby, aktris Inggris yang pernah ikut main di film Mission Impossible: Fallout (2018) bersama Tom Cruise. Vanessa Kirby memerankan karakter Putri Margaret selama dua season, sebelum digantikan oleh aktris Helena Bonham Carter yang juga tampil untuk dua season. Di season 5, sosok Putri Margaret diperankan aktris senior Lesley Manville, yang gayanya sungguh menawan.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait