Publik Inggris Ingin Pangeran Harry, Archie, dan Lilibet Disingkirkan dari Garis Suksesi

Binsar Hutapea | 30 Januari 2023 | 23:59 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Mayoritas warga Inggris ingin Pangeran Harry dan anak-anaknya, Archie dan Lilibet, disingkirkan dari garis suksesi. Fakta itu terungkap dalam jajak pendapat yang dilakukan Express UK. 

Dalam jajak pendapat yang dilakukan terhadap 1.624 orang dewasa dari 25 hingga 26 Januari, 66 persen responden mengatakan Duke of Sussex dan kedua anaknya tidak boleh berada di garis takhta. Hanya 18 persen yang mengatakan Harry dan anak-anaknya harus mempertahankan tempat mereka dalam dalam garis suksesi. Ada sekitar 16 persen yang menjawab tidak tahu apakah Harry dan anak-anaknya harus disingkirkan dari garis suksesi atau tidak.

Pangeran Harry dan Meghan Markle. (Depositphotos)

Pangeran Harry, yang mengundurkan diri bersama Meghan Markle sebagai bangsawan senior Kerajaan Inggris pada tahun 2020, masih berada di urutan kelima dalam garis takhta. Putranya Archie berada di urutan keenam, sedangkan Lilibet yang berusia satu tahun berada di urutan ketujuh.

Bicara Pangeran Harry, popularitasnya mulai melorot sejak akhir tahun lalu, terutama setelah merilis dokumenter Harry & Meghan. Menurut jajak pendapat YouGoV pada Desember lalu, hanya sepertiga warga Inggris atau sekitar 33 persen, yang sekarang memiliki pandangan positif tentang Duke of Sussex. Sementara tiga dari lima, atau 59 persen, memiliki pendapat negatif tentang Harry. Adapun skor Harry tersebut merupakan yang terendah sejak YouGov mulai melacak soal tingkat kesukaan publik pada anggota keluarga kerajaan pada 2011.

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait