Inilah Warisan Terbesar Putri Diana Menurut Pangeran Harry

Binsar Hutapea | 7 Maret 2023 | 17:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pangeran Harry mengungkap warisan terbesar almarhum ibunya, Putri Diana. Menurut Harry, perjuangan Diana melawan HIV (human immunodeficiency virus) adalah warisan terbesar sang ibunda.

Dalam sebuah pesan yang menandai peringatan 40 tahun badan amal yang fokus pada kesehatan seksual, Terrence Higgins Trust, Duke of Sussex mengenang usaha Diana mengampanyekan kesadaran tentang HIV. Suami Meghan Markle ini juga  mengatakan dia bangga melanjutkan advokasi yang dilakukan ibunya.

"Seperti kebanyakan orang, ibu saya tumbuh dalam dunia di mana HIV kemungkinan besar merupakan hukuman mati," tulis Pangeran Harry dalam pesan ke badan amal tersebut.

Putri Diana (Instagram)

"Namun, di tengah semua ketidakpastian itu, dipimpin dengan empati, dia menemukan kemanusiaan di sekelilingnya dan menunjukkan kekuatan koneksi di hadapan rasa takut."

Harry mengatakan tujuan utamanya adalah mengakhiri penularan HIV  dan menekankan pentingnya melakukan tes serta pemberantasan stigma terhadap penderita HIV.

"Meskipun 40 tahun terakhir telah menunjukkan kemajuan yang signifikan, kita tidak bisa melambat sekarang, kita harus menyelesaikan tugas ini," lanjut Pangeran Harry.

Putri Diana mengalami kecelakaan mobil pada 31 Agustus 1997 setelah mobil yang ditumpanginya bersama sang kekasih, Dodi Al Fayed, menabrak pilar Pont de l'Alma tunnel di Paris, Prancis. Diana masih hidup ketika kecelakaan terjadi, namun kemudian meninggal di Rumah Sakit Pitie-Salpetriere. Acara pemakaman Diana kemudian ditonton ratusan juta pasang mata lewat televisi.

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait