Robert Blake, Bintang Serial Baretta yang Pernah Dituduh Membunuh Istrinya, Meninggal di Usia 89

Redaksi | 10 Maret 2023 | 14:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Aktor Robert Blake, bintang serial TV Baretta yang dalam kehidupan nyata pernah dituduh membunuh istrinya, meninggal di usia 89, Kamis kemarin. Tahun 70an sampai 80an nama Robert Blake sangat terkenal berkat perannya sebagai detektif Tony Baretta yang ke mana-mana membawa burung kakatua. Serial Baretta yang dibintangi Robert Blake pernah ditayangkan TVRI di masa lalu. Sebuah pernyataan yang dikeluarkan atas nama keponakannya, Noreen Austin, mengatakan Robert Blake meninggal karena penyakit jantung. Di saat terakhir hidupnya dia dikelilingi oleh keluarga di rumahnya di Los Angeles.

Robert Blake yang pernah dipuji sebagai salah satu aktor terbaik di generasinya, menjadi berita saat dia dituduh membunuh istrinya, Bonny Lee Bakley. Pembunuhan itu terjadi di luar restoran Studio City pada 4 Mei 2001. Wanita ini ditembak saat berada di dalam mobil di luar restoran. Robert Blake yang saat itu bersamanya, dikutip dari npr.org, mengaku tengah masuk ke dalam restoran untuk mengambil barangnya saat penembakan terjadi.

Dalam wawancara tahun 2002 dengan The Associated Press saat dipenjara menunggu persidangan, dia mengeluhkan perubahan statusnya. Dia bersikeras tidak membunuh istrinya dan juri akhirnya membebaskannya. Tapi juri sipil menemukan dia bertanggung jawab atas kematiannya dan memerintahkan untuk membayar keluarga Bakley 30 juta dolar, sebuah keputusan yang membuatnya bangkrut. Mendiang Bonny Lee Bakley, dikutip dari wikipedia, digambarkan sebagai wanita yang senang berkencan dengan laki-laki yang lebih tua. Dia sudah menikah 9 kali, dan Robert Blake yang saat itu berusia 60an tahu menjadi suami yang ke-10. Bersama wanita ini Robert Blake mempunyai satu anak perempuan. Anak ini sempat disebut sebagai anak pria lain, tapi tes DNA membuktikan dia benih Robert Blake.

Robert Blake berkarier sebagai aktor sejak masa kanak-kanak. Di masa mudanya dia membintangi film komedi Our Gang dan berakting dalam film klasik, The Treasure of the Sierra Madre. Saat dewasa dia dipuji karena perannya sebagai pembunuh dalam film kejahatan terlaris karya Truman Capote berjudul In Cold Blood. Karirnya memuncak dengan serial polisi Baretta (1975). Dia bahkan memenangkan Emmy untuk perannya sebagai Tony Baretta. Di balik layar dia memperoleh reputasi sebagai salah satu aktor terbaik Hollywood yang paling sulit diajak bekerja sama. Dia kemudian mengaku bergumul dengan alkohol dan kecanduan narkoba di awal kehidupannya.

Karier Robert Blake melambat jauh sebelum kasus pembunuhan istrinya terjadi. Dia hanya tampil sedikit di layar setelah pertengahan 1980-an. Menurut keponakannya, Blake menghabiskan tahun-tahun terakhirnya dengan menikmati musik jazz, bermain gitar, membaca puisi dan menonton banyak film Hollywood Klasik.

Robert Blake pernah menikah dengan aktris Sondra Kerr pada tahun 1961 dan memiliki dua anak, Noah dan Delinah. Mereka bercerai pada tahun 1983. Pertemuannya dengan Bakley terjadi pada tahun 1999 di sebuah klub jazz tempat dia pergi untuk melarikan diri dari kesepian. 

Pernah menjadi orang kaya karena karier aktingnya, Robert Blake menghabiskan jutaan dolar untuk pembelaannya dalam kasus pembunuhan istrinya, dan akhirnya hidup dengan jaminan sosial. Dalam wawancara tahun 2006 dengan AP setahun setelah pembebasannya, dia berharap untuk memulai kembali karirnya. "Saya ingin memberikan penampilan terbaik saya," katanya. Tapi sayang kesempatan itu tak pernah datang. Kini Robert Blake sudah berpulang pada penciptanya.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait