Terungkap, Ini yang Dibisikkan Pangeran Harry ke Jenazah Ratu Elizabeth II

Binsar Hutapea | 28 Maret 2023 | 10:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ratu Elizabeth II meninggal pada 8 September 2022. Dalam buku memoar Spare, Pangeran Harry berbagi kesedihan tentang kehilangan  sang nenek yang sangat dicintainya.

Dalam memoarnya, Duke of Sussex mengaku  merasakan sakit yang luar biasa saat melihat jenazah Neneknya. Harry pun membeku saat melihat jenazah Ratu Elizabeth II. Di saat yang sama ia teringat akan ibunya, Putri Diana, yang wafat pada Agustus 1997 karena kecelakaan. Saat itu, karena sejumlah alasan, Harry tak diperbolehkan melihat langsung jenazah ibunya. Karena hal itu, ia sering menyangkal kematian sang ibundanya. 

Ratu Elizabeth II (Istimewa)

"Saya berdiri, membeku, menatap. Saya menatap dan terus menatap. Itu sulit, tetapi saya terus berpikir, betapa saya menyesal tidak melihat ibuku di (masa) akhirnya. Bertahun-tahun saya meratapi kurangnya bukti, menunda kesedihanku karena ingin bukti," ungkap ayah Pangeran Archie dan Putri Lilibet ini.

"Sekarang saya berpikir: Bukti. Berhati-hatilah dengan apa yang Anda inginkan. Saya kemudian berbisik kepadanya (mayat Ratu Elizabetrh) bahwa saya berharap dia bahagia, bahwa saya berharap dia bersama Kakek," tulis Harry merujuk pada sang kakek, Pangeran Philip, yang meninggal pada 9 April 2021. 

Ratu Elizabeth II meninggal di Istana Balmoral di usia 96 tahun. Ia memimpin Kerajaan Inggris selama 70 tahun. Sang Ratu dimakamkan pada 19 September 2022. Jenazahnya dimakamkan di Kapel St George di Istana Windsor. 

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait