Sir David Attenborough Ultah ke-97 Tahun, Penggemar Menyerbu Sosial Media

Redaksi | 9 Mei 2023 | 09:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sir David Frederick Attenborough, presenter TV terkenal Inggris yang juga ahli biologi, sejarawan alam dan penulis, berulang tahun ke 97 kemarin. Pria kelahiran Inggris, 8 Mei 1926 ini namanya sangat dikenal setelah menulis dan mempresentasikan, bersama stasiun TV BBC, sembilan seri dokumenter sejarah alam, sebuah survei komprehensif tentang kehidupan hewan dan tumbuhan di Bumi. Sampai saat ini da masih aktif tampil di TV membawakan acaranya yang tayang di banyak negara. Tak heran kalau di momen ultahnya banyak yang mengucapkan selamat. Penggemar menyerbu sosial media untuk mengucapkan selamat pada sosok yang kehidupannya sungguh menginspirasi ini.

"Kamu adalah harta karun sejati," tulis salah satu pengemar lewat sosial media. "Selamat Ulang Tahun, Sir David! Terima kasih atas semua pekerjaan Anda atas nama planet ini dan penghuninya," tulis yang lain. "Suaramu sangat unik, cinta, antusiasme, dan semangatmu untuk apa yang kamu lakukan, sangat menakjubkan," komen yang lain. "Selamat Ulang Tahun untuk orang yang benar-benar inspiratif yang telah membawa kami ke tempat-tempat yang tidak pernah kami duga akan kami kunjungi dan mendidik kami selama bertahun-tahun," kata penggemar lain, seperti dikutip dari dailymail.co.uk. 

Sir David Frederick Attenborough telah memikat pemirsa televisi sejak tahun 1950-an dengan liputan satwa liarnya yang luar biasa dari berbagai penjuru dunia. Dikutip dari wikipedia, Sir David Attenborough adalah manajer senior di BBC, pernah menjabat sebagai direktur pemrograman untuk Televisi BBC pada 1960-an dan 1970-an. Pertama kali muncul sebagai pembawa acara pada tahun 1954. Kariernya sebagai penulis, presenter, dan narator telah berlangsung selama delapan dekade. Acara yang dipandunya termasuk Natural World, Wildlife on One, franchise Planet Earth, The Blue Planet dan sekuelnya. Dia satu-satunya orang yang pernah memenangkan Penghargaan BAFTA sejak TV hitam putih, TV berwarna, definisi tinggi, 3D dan 4K. Sepanjang hidupnya ia telah mengumpulkan puluhan gelar kehormatan dan penghargaan, termasuk 3 Emmy Awards untuk Outstanding Narration.

Tak hanya memandu acara alam, Sir David Frederick Attenborough juga vokal dalam mendukung lingkungan. Dia menganjurkan memulihkan keanekaragaman hayati planet, membatasi pertumbuhan populasi, beralih ke energi terbarukan, memitigasi perubahan iklim, mengurangi konsumsi daging, dan menyisihkan lebih banyak area untuk pelestarian alam.

Sir David Attenborough menikah dengan Jane Elizabeth Ebsworth Oriel pada 1950 dan memiliki dua anak, Robert and Susan. Saudara laki-lakinya, Richard Attenborough dikenal sebagai salah satu aktor Hollywood yang sangat populer. Selamat ulang tahun, Sir David Attenborough.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait