Aktor Laga Dolph Lundgren 8 Tahun Melawan Kanker dan Pernah Divonis Hidupnya Tak lama Lagi

Redaksi | 11 Mei 2023 | 10:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Bintang laga Dolph Lundgren yang dulu sangat terkenal saat bermain sebagai petinju Soviet Ivan Drago dalam film  Rocky IV, pernah diberi tahu bahwa hanya memiliki waktu dua hingga tiga tahun lagi untuk hidup di tengah pertempuran melawan kanker.

Dolph Lundgren yang kini berusia 65 tahun dan pernah tampil di 80 film berbicara tentang penyakitnya untuk pertama kali lewat tayangan In Depth With Graham Bensinger. Dalam wawancara itu dia mengungkapkan bahwa pertama kali didiagnosis menderita kanker ginjal pada tahun 2015. "Mereka menemukan tumor di ginjal saya dan mereka mengeluarkannya. Tapi kemudian mereka melakukan biopsi dan ternyata kanker," jelas Dolp Lundgren dalam wawancara itu seperti dikutip dari Page Six. "Lalu saya melakukan pemindaian setiap enam bulan, lalu Anda melakukannya setiap tahun, lalu baik-baik saja selama sekitar lima tahun."

Meskipun tumor sudah diangkat, kanker kembali pada tahun 2020. Tapi kali ini dokter menemukan enam tumor di ginjal dan hatinya. Dan, pertumbuhannya terlalu besar untuk diangkat dengan operasi, yang berarti Dolp Lundgren harus memulai kemoterapi yang mengakibatkan serangkaian efek samping. "Mulutnya sangat sakit, tangannya sakit, kakinya, dan dia tidak bisa makan apa pun yang hangat atau apa pun yang dingin, apa pun yang pedas," kata tunangannya, Emma Krokdal. 

Ketika itu Dolp Lundgren mulai menyadari fakta bahwa dia mungkin akan meninggal. "Mereka mulai mengatakan hal-hal seperti, 'Kamu harus istirahat dan menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluargamu.' Jadi saya agak bertanya kepadanya, 'Menurutmu berapa lama waktu yang tersisa?' dan saya pikir dia berkata, dua sampai tiga tahun, tapi saya tahu dari suaranya bahwa itu kurang," kenang aktor juga ikut membintangi Aquaman ini.

Di tengah sakit yang kondisinya terus terus memburuk, Dolp Lundgren menolak menyerah. Sampai kemudian dia mendapat pendapat kedua (second opinion) dari Dr. Alexandra Drakaki, yang membuat penemuan kunci tentang kasusnya.
Dokter Drakaki menemukan mutasi di salah satu tumornya yang biasanya terlihat pada kanker paru-paru, yang membuka dunia baru pengobatan potensial. "Dalam tiga bulan, semuanya menyusut 20 hingga 30 persen," kata Dolp Lundgren menceritakan perkembangan penyakitnya setelah ditangani dokter Drakaki.

Pada tahun 2022 tumornya telah menyusut sekitar 90 persen, yang memungkinkan untuk akhirnya diangkat semua jaringan parut yang tersisa melalui pembedahan. Sekarang kondisinya jauh lebih baik, dan dari pengalaman ini membuat Dolp Lundgren lebih menghargai hidup sekaligus merasa beruntung masih hidup.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait