Ratu Rock 'n' Roll Meninggal Dunia di Usia 83 Tahun, Ini Penyebabnya

Binsar Hutapea | 25 Mei 2023 | 10:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tina Turner, Ratu Rock 'n' Roll yang berkarir selama enam dekade di industri musik, meninggal dunia pada Rabu (24/5). Dia wafat di usia 83 tahun.

Perwakilan sang penyanyi mengkonfirmasi kepada Telegraph bahwa Tina meninggal di rumahnya di Küsnacht dekat Zurich, Swiss, setelah lama menderita sakit.

Adapun kabar kematian Tina Turner diumumkan lewat Instagram resminya.

“Dengan sangat sedih kami mengumumkan meninggalnya Tina Turner. Dengan musiknya dan hasratnya yang tak terbatas untuk hidup, dia memikat jutaan penggemar di seluruh dunia dan menginspirasi bintang-bintang masa depan," demikian tulisan di bagian caption di unggahan foto hitam putih Tina Turner.

“Hari ini kami mengucapkan selamat tinggal kepada seorang teman tersayang yang meninggalkan kami semua karya terbesarnya: musiknya. Semua belas kasih kami yang tulus ditujukan kepada keluarganya. Tina, kami akan sangat merindukanmu.”

Sosok Tina Turner mulai tenar pada 1960-an sebagai bagian dari duo Ike dan Tina Turner. Keduanya  menghasilkan lagu-lagu yang menduduki puncak tangga lagu di era tersebut. Belakangan, Tina meninggalkan Ike karena melakukan kekerasan dalam rumah tangga selama bertahun-tahun.

Setelah lari dari hubungan yang mengerikan, Tina memutuskan solo. Namanya sebagai penyanyi solo melambung di tahun 1980-an berkat hits seperti "What's Love Got to Do With It." Tak hanya dunia musik, Tina juga merambah ke dunia akting. Ia muncul di film Mad Max Beyond Thunderdome yang rilis pada 1985.

Dilaporkan, belakangan kesehatan memburuk karena sejumlah penyakit seperti stroke, kanker usus, dan gagal ginjal yang membutuhkan transplantasi.

Tina sempat mengucapkan selamat tinggal terakhir kepada para penggemarnya lewat film dokumenter berjudul TIna yang dirilis pada 2021.

“Beberapa orang mengatakan, kehidupan yang saya jalani dan penampilan yang saya berikan, apresiasi... Saya harus bangga akan hal itu, ” kata Tina dalam dokumenter produksi HBO itu.

"Tapi kapan kamu berhenti bangga? Maksudku, kapan kamu, bagaimana kamu perlahan-lahan mundur? Pergi saja?" tambahnya.

Sebagai penyanyi, pencapaian Tina Turner sangat legendaris. Ia memenangkan 12 Grammy Awards, menjual lebih dari 200 juta album, berakting di beberapa film dan menulis tiga memoar terlaris, termasuk  yang diadaptasi menjadi film biografi 1993 "What's Love Got to Do With It," yang dibintangi Angela Bassett sebagai Tina Turner.

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait