5 Perceraian Paling Mahal di Dunia, Mencapai Ratusan Triliun

Binsar Hutapea | 1 Februari 2024 | 15:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Perceraian bisa menimpa siapa saja, termasuk figur terkenal yang kaya raya. Berikut adalah beberapa perceraian paling mahal di dunia yang membuat banyak orang terkejut.

Amber Heard dan Johnny Depp

(Depositphotos)


Amber Heard dan Johnny Depp menikah selama 15 bulan. Perceraian mereka adalah salah satu yang paling rumit dan menarik perhatian publik. Pada tahun 2016, Amber Heard mengajukan perceraian dari Johnny Depp dan mendapatkan uang 7 juta dolar AS atau Rp110 miliar sebagai penyelesaian perceraian. Uang ini kemudian didonasikan ke amal.

Namun, perceraian mereka tidak mudah, karena keduanya saling tuduh melakukan kekerasan dalam rumah tangga. Pasangan ini menghabiskan sebagian besar tahun 2020 dan 2021 dengan berperang di pengadilan dalam kasus melawan surat kabar The Sun yang menyebut Depp sebagai "pemukul istri." Johnny Depp kalah dalam kasus tersebut dan mengajukan banding.

Pada 2022, Heard dan Depp kembali ke pengadilan, kali ini untuk kasus pencemaran nama baik yang diajukan Depp terhadap Heard atas sebuah artikel pendapat yang ditulisnya di Washington Post pada tahun 2018, di mana dia menulis tentang dirinya dan kekerasan dalam rumah tangga yang dia alami tanpa menyebut namanya. 

Pada Juni, juri menyimpulkan bahwa Heard telah mencemarkan nama baik Depp, dan Heard diminta membayar 15 juta dolar AS atau Rp236 miliar sebagai ganti rugi, yang kemudian dikurangi menjadi 10,35 juta dolar AS atau Rp163 miliar. Heard kemudian mengajukan gugatan balik, di mana dia memenangkan satu dari tiga kasus pencemaran nama baik yang diajukan, dan diberi kompensasi 2 juta dolar AS Rp31.5 miliar. Meskipun keduanya mengajukan banding lagi, pada Desember 2022, Heard mengumumkan bahwa dia telah menyelesaikan masalah dengan Depp. Akhirnya, Heard harus membayar 1 juta dolar AS atau Rp15,7 miliar kepada Depp yang kemudian didonasikan ke amal.

Sheikh Mohammed bin Rashid al-Maktoum dan Putri Haya bint al-Hussein

(Instagram)


Penguasa kaya Dubai, Sheikh Mohammed bin Rashid al-Maktoum, bercerai dari mantan istrinya, Putri Haya bint al-Hussein, pada Desember 2021 dan diminta membayar 728 juta dolar AS atau Rp11,4 triliun kepada Haya, menurut CNN! Perceraian mereka tak mudah karena Sheikh Mohammed dituduh memiliki hubungan gelap dan ancaman, dan penyelesaian perceraian keduanya memakan waktu bertahun-tahun. Menurut laporan CNN, uang 728 juta dolar AS yang dibayarkan Sheikh Mohammed bin Rashid al-Maktoum kepada Putri Haya bint al-Hussein akan digunakan untuk "mencover biaya keamanan Putri Haya untuk sisa hidupnya, serta biaya berkelanjutan untuk dua anak pasangan ini—Al Jalila Bint Mohammed Bin Rashid Al Maktoum dan Sheikh Zayed Bin Mohammed Bin Rashid Al Maktoum."

Bill Gates dan Melinda French Gates

(Instagram)


Pendiri Microsoft, miliarder, dan filantropis Bill Gates serta istrinya yang juga seorang filantropis, Melinda French Gates, mengumumkan perceraian mereka pada 3 Mei 2021—setelah 27 tahun menikah—yang mengejutkan semua orang. Menurut laporan, dokumen pengadilan menyatakan bahwa pasangan mantan ini memiliki perjanjian pemisahan harta pribadi, tetapi mereka tidak memiliki perjanjian pra-nikah. Dalam pernyataan mengenai perceraian, pasangan mantan ini menyatakan bahwa mereka akan terus menjalankan yayasan mereka bersama, yang disebut Gates Foundation, untuk membantu banyak orang di seluruh dunia. Gates Foundation memiliki nilai lebih dari 40 miliar dolar AS atau Rp630 triliun. Menurut laporan, kekayaan Bill Gates mencapai lebih dari 130,5 miliar dolar AS atau Rp2.056 triliun. Bill dan Melinda juga memiliki banyak properti senilai jutaan dolar. 

Madonna dan Guy Ritchie

(Instagram)


Perceraian penyanyi-penulis lagu dan aktris Amerika Madonna dengan mantan suaminya Guy Ritchie adalah salah satu perceraian termahal di dunia. Pasangan mantan ini menikah pada tahun 2000, tetapi kemudian bercerai pada tahun 2008. Perceraian mereka sangat intens, dan menurut laporan, Madonna membayar Guy Ritchie antara 76 juta dolar AS atau Rp1,1 triliun hingga 92 juta dolar AS atau Rp1,4 triliun. Masalah tidak selesai di situ, karena keduanya juga terlibat dalam pertempuran hak asuh untuk putra mereka, Rocco.

Jeff Bezos dan Mackenzie Scott

(Instagram)


Salah satu orang terkaya di dunia dan pendiri-CEO Amazon, Jeff Bezos, dan novelis-filantropis Amerika Mackenzie Scott mengumumkan perceraian mereka setelah 25 tahun pernikahan pada April 2019. Mengingat bahwa Jeff adalah orang terkaya di dunia pada Juni 2018, perceraian mereka pada tahun 2019 menjadi sangat mahal. Menurut laporan, Jeff memberikan 36 miliar dolar AS atau Rp567 triliun kepada Mackenzie setelah perceraian mereka selesai, membuatnya salah satu wanita terkaya di dunia. 

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait