Raja Charles III Tak akan Turun Takhta Meski Sedang Menderita Kanker

Binsar Hutapea | 8 Februari 2024 | 04:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sejarawan Kerajaan Inggris David Starkey menolak spekulasi bahwa Raja Charles bakal turun takhta setelah didiagnosis menderita kanker.

Berbicara kepada GB News, ketika ditanya apakah Raja Charles akan mempertimbangkan lengser agar bisa fokus menghadapi perjuangan melawan kanker, David mengatakan sang raja tak akan melakukan hal itu.

"Monarki Inggris  tidak dengan mudah melakukan abdikasi (turun takhta dengan sukarela)," ungkapnya.

Merujuk pada abdikasi masa lalu, terutama yang dilakukan oleh Raja Edward VIII, sejarawan tersebut melanjutkan, "Abdikasi yang terjadi biasanya karena krisis pribadi, bukan karena sakit."

David Starkey membuat klaim ini di tengah spekulasi bahwa Raja Charles akan mundur setelah Istana Buckingham mengumumkan pada Senin (5/2) bahwa sang monarki telah didiagnosis menderita kanker.

Pernyataan istana tersebut menyatakan, "Selama Raja melakukan prosedur rumah sakit untuk pembesaran prostat jinak baru-baru ini, masalah terpisah yang memprihatinkan terdeteksi. Tes diagnostik berikutnya telah mengidentifikasi jenis kanker."

Dalam kesempatan itu, David Starkey juga membagikan pandangannya tentang rekonsiliasi antara Pangeran William dan adiknya, Harry, yang telah kembali ke Inggris untuk menjenguk ayahnya, Raja Charles.

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait