Kanker Kate Middleton Disebut Dapat Membuka Pintu Rekonsiliasi Pangeran Harry dan Keluarga Kerajaan

Indra Kurniawan | 26 Maret 2024 | 07:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Berita tentang diagnosis kanker Putri Kate Middleton mengejutkan banyak orang, termasuk kabarnya Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle.

“Ini membuktikan Harry dan Meghan mengetahui diagnosis tersebut dari berita,” kata sejarawan kerajaan Richard Fitzwilliams kepada TIME dalam sebuah artikel yang diterbitkan pada Senin (25/3).

Kate yang berusia 42 tahun mengungkapkan dalam sebuah video di media sosial pada Jumat (22/3) bahwa dokter mengetahui dia menderita kanker setelah operasi perut yang dia jalani pada Januar lalu. 

"Oleh karena itu, tim medis saya menyarankan agar saya menjalani kemoterapi preventif dan saya sekarang berada pada tahap awal pengobatan tersebut,” ungkapnya.

Sebelum video Kate dirilis, rumor beredar di internet tentang kondisi Putri Wales dan keberadaannya, saat penampilan terakhirnya di depan umum kerajaan terjadi pada Desember 2023.

Awal bulan ini, dilaporkan bahwa Harry dan Meghan tidak mengetahui tentang kesehatan Kate. The Times of London melaporkan pada Sabtu (23/3) bahwa berita kanker yang diderita Kate tidak diberitahukan sebelumnya kepada pasangan tersebut.

Dalam pernyataan yang dibagikan pada hari Jumat, Harry dan Meghan menulis bahwa mereka mendoakan kesehatan dan kesembuhan bagi Kate dan keluarganya, dan berharap mereka dapat melakukannya secara pribadi dan damai.

Pada hari yang sama, sebuah sumber secara eksklusif memberi tahu Us Weekly bahwa Kate dan William mengetahui diagnosisnya pada hari itu. William dijadwalkan menghadiri upacara peringatan ayah baptisnya, Raja Konstantin dari Yunani, pada 27 Februari. 

Ratu Camilla dan Putri Anne hadir pada upacara tersebut menggantikan Raja Charles III, yang didiagnosis mengidap penyakit kanker yang tidak dijelaskan pada awal bulan itu.  

Charles sendiri telah kembali menjalankan tugas kerajaan sambil menjalani perawatan dan menjadi pembawa acara di beberapa acara di Istana Buckingham.

Menurut Fitzwilliams, diagnosis kanker Kate dan Charles dapat menjadi katalis bagi Harry dan Meghan untuk memperbaiki hubungan mereka yang tegang dengan keluarga kerajaan. 

“Penyakit serius bisa mengubah segalanya dan menyatukan keluarga,” jelasnya kepada TIME.  

Sakitnya Charles dan Kate Middleton dapat membuka pintu rekonsiliasi Pangeran Harry dengan keluarga kerajaan. (Instagram)

“Ini mungkin saja terjadi. Harry akan kembali menemui ayahnya dan mungkin saudara-saudaranya akan bertemu satu sama lain," tambahnya.

Ia melanjutkan, “Ini dapat membuka jalan menuju rekonsiliasi dalam beberapa minggu dan bulan mendatang. Namun, hal itu tidak mungkin terjadi saat ini.”

Harry dan Meghan telah mengalami banyak pasang surut dengan keluarga kerajaan selama bertahun-tahun, beberapa di antaranya berasal dari pengungkapan dalam memoar Harry, Spare, pada tahun 2023. 

Menyusul berita tentang diagnosis kanker Charles, Harry pergi ke London untuk mengunjungi ayahnya. 

"Saya mencintai keluarga saya,” kata Harry saat tampil di Good Morning America bulan lalu. 

“Fakta bahwa saya bisa naik pesawat dan menemuinya serta menghabiskan waktu bersamanya, saya bersyukur untuk itu," sambungnya.

Meskipun hubungan Harry dengan Charles tampaknya membaik, dinamikanya dengan Kate tampaknya masih bermasalah. 

"Saya yakin dia juga mengkhawatirkannya, tapi saya tahu dia tidak ingin berurusan dengan mereka,” kata pakar kerajaan Christopher Andersen secara eksklusif kepada Us Weekly awal bulan ini.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait