Alasan Pangeran Harry dan Meghan Markle Tak Mau Gunakan Uang Warisan dari Putri Diana

Binsar Hutapea | 26 Maret 2024 | 17:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Meninggalkan Kerajaan Inggris pada 2020 lalu membuat Pangeran Harry dan Meghan Markle  tak lagi mendapatkan dukungan finansial dari monarki. 

Harry sebenarnya mendapat warisan dari sang ibunda, Putri Diana, sekitar 13,8 juta dolar AS atau Rp218 miliar. Tapi ia enggan menggunakannya. Kenapa?

Ayah Pangeran Archie dan Putri Lilibet ini sempat membahas warisannya dari almarhum ibunya dan mengapa dia dan Meghan tidak ingin menghabiskan uang itu dalam buku memoar Spare yang rilis 2023 lalu.

Dalam bukunya, Harry menulis, ketika pindah ke California, bersama bayi Pangeran Archie, tekanan untuk "mencari rumah baru" meningkat karena keberadaan mereka sudah diketahui publik. Adapun saat itu mereka tinggal di rumah milik aktor dan produser Tyler Perry.

"Kami perlu mencari tempat baru, dan segera, dan itu berarti membayar keamanan sendiri," tulis Harry. Jadi dia kemudian melihat catatannya dan menghubungi perusahaan keamanan seperti yang pernah dilakukan sebelumnya.

Putri Diana (YouTube)

"Meg dan saya duduk untuk menghitung persis berapa banyak keamanan yang bisa kami bayar, dan berapa banyak rumah," kenangnya. "Tepat saat itu, ketika kami sedang merevisi anggaran kami, kabar datang: Ayah (Raja Charles) memotong dukungan keuangan untuk saya."

"Akibatnya, pertanyaan bagaimana cara membayar rumah dan keamanan membuat Meg dan saya sulit tidur di malam hari. Kami selalu bisa menghabiskan sebagian warisan dari Mummy (Diana), tapi itu merupakan cadangan terakhir kami."

Mengapa? Karena keduanya melihat uang itu milik Archie dan adiknya 

Namun ternyata Harry dan Meghan akhirnya menggunakan setidaknya sebagian dari uang dari Diana. Dalam wawancara Oprah tahun 2021, Harry membagikan bahwa uang warisan dari ibunya membiayai kepindahan keluarganya ke Montecito, California.

"Saya harus mampu memberikan keamanan untuk kami," kata Harry saat itu, mencatat bahwa dia telah dipotong secara finansial oleh ayahnya "pada kuartal pertama tahun 2020. "Tapi saya mendapat apa yang ditinggalkan ibu saya, dan tanpa itu, kami tidak akan dapat melakukan ini."

Meghan dan Harry kemudian mendapatkan banyak uang setelah melakukan kesepakatan membuat konten dengan Netflix dan Spotofy. Kekayaan bersih mereka setelah meninggalkan keluarga kerajaan diperkirakan mencapai 60 juta dolar AS atau Rp948 miliar.

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait