Lepaskan Inggris, Pangeran Harry Nyatakan Amerika Serikat Sebagai Negara Barunya

Binsar Hutapea | 18 April 2024 | 15:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pangeran Harry mencantumkan Amerika Serikat sebagai tempat tinggal utamanya untuk pertama kali sejak memutuskan hubungan dengan keluarga Kerajaan Inggris pada 2020 lalu.

Dalam dokumen yang diperoleh Daily Mail, Duke of Sussex diketahui telah memperbarui catatan domisilinya, menyatakan bahwa negara baru tempat tinggalnya sekarang adalah AS. 

Meskipun dokumen-dokumen tersebut — yang diajukan oleh Companies House untuk bisnis perjalanan ramah lingkungan milik Harry, Travalyst — diajukan pada Rabu (17/4) kemarin, Harry secara mencolok mencantumkan "tanggal perubahan" sebagai 29 Juni 2023.

Harry dan istrinya, Meghan Markle, secara resmi pindah dari rumah mereka di Inggris pada 28 Juni tahun lalu atau tiga bulan setelah Raja Charles III mengusir mereka dari properti Frogmore Cottage.

Meskipun tidak jelas apakah pindah domisili Harry akan berdampak pada gelarnya, dia mungkin akan mendapat kesempatan untuk membahas masalah ini dengan ayahnya bulan depan saat berkunjung ke London.

Meghan Markle dan Pangeran Harry. (Depositphotos)

Walau terjadi perubahan alamat secara hukum, Harry menjelaskan pada Desember 2023 bahwa dia masih menganggap Inggris sebagai "rumah"nya tetapi merasa "terpaksa" melarikan diri ke AS karena kekhawatiran akan keselamatannya.

"Inggris sangat berperan dalam warisan anak-anak saya dan tempat di mana saya ingin mereka merasa seperti di rumah, sama seperti tempat di mana mereka tinggal saat ini di AS," kata sang duke dalam pernyataan tertulis yang dibacakan di pengadilan London dalam upayanya untuk mendapatkan kembali hak keamanan polisi yang dibiayai oleh pajak — yang kemudian ditolak.

"Itu tidak akan mungkin terjadi jika tidak memungkinkan untuk menjaga mereka tetap aman saat mereka berada di tanah Inggris."

Sejak itu, sang pangeran berambut merah ini menunjukkan minat untuk mendapatkan kewarganegaraan Amerika.

"Kewarganegaraan Amerika adalah pemikiran yang telah melintas dalam pikiran saya, tetapi tentu saja bukan sesuatu yang menjadi prioritas utama bagi saya saat ini," katanya kepada Good Morning America pada Februari.

Harry dan Meghan tinggal di California bersama dua anak mereka selama empat tahun terakhir.

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait