Setelah Kedua Payudara, Olivi Munn Lakukan Operasi Angkat Rahim untuk Lawan Kanker

Binsar Hutapea | 13 Mei 2024 | 14:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Olivia Munn mengungkapkan telah menjalani histerektomi ( operasi pengangkatan rahim) lengkap pada April lalu di tengah pertarungannya melawan kanker payudara.

Berbicara kepada Vogue, Olivia berkata tentang operasi yang dilakukannya.  “Saya sekarang telah menjalani ooforektomi (pengangkatan sel ovarium) dan histerektomi. Saya mengeluarkan rahim, saluran telur, dan ovarium saya,” kata aktris X-Men: Apocalypse (2016). 

Dia menyebut keputusan yang mengubah hidupnya itu sebagai “yang terbaik” baginya karena dokternya menyarankan untuk menghentikan produksi estrogen — di mana kanker payudara tipe luminal B bersarang dan berkembang di dalamnya — dari tubuhnya untuk mencegah kanker kembali muncul.

“Ini adalah keputusan besar yang harus diambil, tapi itu adalah keputusan terbaik bagi saya karena saya perlu hadir untuk keluarga saya,” kata wanita berusia 43 tahun itu kepada media tersebut.

Ini menjadi operasi kelima aktris tersebut dalam perjalanan melawan kanker karena sebelumnya dia menjalani mastektomi ganda lengkap, diseksi kelenjar getah bening, operasi rekonstruktif, dan operasi nipple delay.

Sebelum histerektominya, ibu satu anak — yang dianugerahi putra bernama Malcolm dengan John Mulaney pada November 2021 — mengonsumsi Lupron untuk menekan estrogen dalam tubuhnya.

Olivia Munn (Instagram)

Namun, efek samping obat tersebut membuatnya berbaring di tempat tidur karena merasa "kelelahan yang sangat parah.”

“Saya akan bangun di pagi hari dan hampir segera perlu kembali ke tempat tidur. Jika Anda bertanya pada Malcolm, ‘Di mana bapak bekerja?’ Dia akan berlari ke meja kerjanya, dan jika Anda bertanya padanya, ‘Di mana ibu bekerja?’ Dia akan menunjuk ke tempat tidur saya. Itu sangat manis. Tapi pada saat yang sama, itu memecahkan hati saya karena ini adalah gambaran dia tentang saya," dia melanjutkan. 

Dalam wawancara tersebut, Munn juga mengungkapkan bahwa dia membekukan telur-telurnya untuk yang ketiga kalinya. Dia sebelumnya melakukannya ketika dia berusia 33 dan 39 tahun.

“Setelah diagnosis saya, kami memutuskan untuk mencoba satu putaran lagi pengambilan telur dan berharap itu bulan yang baik,” katanya.

“John dan saya banyak membicarakannya dan kami merasa kami belum selesai memperluas keluarga kami, tapi tidak tahu apakah saya harus menjalani kemoterapi atau radiasi.”

Pada Maret lalu, Olivia mengumumkan bahwa dia telah didiagnosis dengan kanker payudara dan menjalani mastektomi ganda.

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait