Girl Group Rookie Illit Tembus Tangga Lagu Billboard’s Hot 100 Lewat Lagu Debut "Magnetic"

Binsar Hutapea | 18 April 2024 | 13:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Girl group rookie asal Korea Selatan, Illit, menembus tangga lagu Billboard’s Hot 100  Amerika Serikat lewat lagu debut "Magnetic". Lagu utama dari mini album perdana berjudul Super Real Me itu bertengger di posisi 91.

Hal ini menjadikan mereka sebagai artis K-pop pertama yang masuk ke tangga lagu utama Billboard dengan lagu debut.

Billboard’s Hot 100 menempatkan lagu-lagu terpopuler dalam seminggu dari berbagai genre berdasarkan aktivitas streaming dari sumber platform musik digital, pemutaran radio, dan data penjualan yang disusun oleh perusahaan data industri hiburan Amerika, Luminate.

Pintu masuk ke Billboard’s Hot 100  biasanya sangat tinggi bagi grup rookie seperti Illit, karena sulit bagi mereka untuk mencetak skor yang baik dalam kategori impresi audiens pemutaran radio karena popularitas yang sangat rendah di Amerika Serikat.

"Magnetic", yang merupakan perpaduan dari pluggnb dan house dance, juga menjadi hit secara internasional. Pluggnb adalah genre musik yang menggabungkan elemen-elemen hip-hop, trap, dan EDM. Lagu ini debut di peringkat teratas Spotify Daily Top Song Global pada tanggal 25 Maret, hari perilisannya, dan saat ini menempati peringkat No. 11 di tangga lagu Global Top 50 Spotify.

Single ini juga mencapai peringkat No. 3 di tangga lagu Global Excl. US Billboard, seminggu setelah mencapai No. 2. Lagu ini naik dari peringkat delapan menjadi enam di tangga lagu Global 200 Billboard.

"Magnetic" menduduki puncak tangga lagu Top 100 Melon Korea Selatan dan masuk ke tangga lagu Official UK Singles Chart Top 100 di posisi No. 87, sebelum naik ke No. 80 selama dua minggu berturut-turut sejak minggu pertama April.

Menurut Billboard, TikTok telah menjadi faktor penting dalam kesuksesan "Magnetic", karena sebagian audio lagunya digunakan di lebih dari 375.000 klip di platform media sosial tersebut. Illit sendiri memiliki lebih dari 1,9 juta pengikut di TikTok.

Kuintet ini, yang terdiri dari Yunah, Minju, Moka, Wonhee, dan Iroha, yang berusia antara 16 dan 20 tahun, dibentuk melalui acara realitas Korea Selatan R U Next? (2023).

Sebelum debut resmi mereka pada 25 Maret, grup ini tampil dalam kampanye global Spring/Summer 2024 dari rumah mode mewah Swedia, Acne Studios. Mereka juga menghadiri acara Fall/Winter 2024 di Paris Fashion Week pada bulan Februari.

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait