Album Terbaru NewJeans Tak Memuaskan, Diduga karena Konflik HYBE-ADOR

Siti Adisya Kirana | 9 Juni 2024 | 02:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Penjualan album single terbaru NewJeans, How Sweet, mengalami penurunan yang cukup signifikan dibandingkan dengan perilisan sebelumnya. 

Dirilis pada 24 Mei 2024, "How Sweet" hanya mampu terjual 884.771 kopi dalam minggu pertama di Korea Selatan. 

Angka ini jauh lebih rendah dibandingkan album "Get Up" yang terjual 1,65 juta kopi pada minggu pertama perilisannya di tahun 2023.

Penurunan ini dikaitkan dengan konflik yang sedang berlangsung antara CEO ADOR, Min Hee Jin, dengan HYBE. 

HYBE merupakan agensi di balik kesuksesan grup idola K-Pop seperti BTS dan TXT, sedangkan ADOR adalah sub-label HYBE yang didirikan oleh Min Hee Jin untuk menaungi NewJeans.

Beberapa spekulasi menyebutkan bahwa penggemar BTS yang sebelumnya mendukung NewJeans menjadi tidak peduli akibat perseteruan tersebut. Hal ini dikarenakan basis penggemar BTS yang besar dan loyal.

Selain itu, kurangnya fandom yang solid untuk NewJeans juga ditengarai sebagai salah satu faktor penyebab menurunnya penjualan album. 

Kritikus musik Lim Hee Yun bahkan mengatakan bahwa NewJeans tidak mempunyai penggemar setia.

"Mungkin tidak memiliki fandom yang cukup loyal,” ujarnya.

Meskipun "How Sweet" tidak mencapai kesuksesan yang sama dengan "Get Up", album ini masih menempati peringkat yang cukup baik di tangga lagu digital. 

Di Spotify, "How Sweet" berada di peringkat 75 dan 80 untuk Daily Chart dan Weekly Chart. Di Top 100 Global Apple Music, single ini menempati peringkat ke-16.

Penulis : Siti Adisya Kirana
Editor: Supriyanto
Berita Terkait